Badaruddin, Muh. Irsyad (2024) Pengaruh Hasil Belajar Aqidah Akhlak Terhadap Etika Pergaulan Peserta Didik Kelas VIII di MTs Pondok Pesantren Al Urwatul Wutsqaa Benteng Kec. Baranti Kab. Sidrap. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
16.1100.074.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Hasil belajar akidah akhlak peserta didik menjadi salah satu fokus utama dalam pembelajaran, beberapa peserta didik memperoleh hasil belajar yang kurang maksimal sehingga prlu untuk melakukan penelitian pada pengaruh hasil belajara peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran hasil belajar Aqidah Akhlak Peserta Didik dan etika pergaulan peserta didik Kelas VIII di MTs PP Al-Urwatul Wutsqaa. Metode ini menggunakan penelitian kuantitatif asosiatif dengan jumlah sampel 73 peserta didik menggunakan pengumpulan data kuesioner terkait dengan hasil belajar aqidah akhlak dan variable etikapergaulan peserta didik, adapun analisis data yang digunakan yaitu analisis stattistik deskiptif dan infrensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Gambaran hasil belajar Aqidah Akhlak Peserta Didik Kelas VIII di MTs PP Al-Urwatul Wutsqaa menunjukkan kategori hasil belajar aqidah akhlak yang sangat tinggi dengan nilai rata-rata 82,89. Dibuktikan pada pemahaman peserta didik yang baik terhadap materi yang disampaikan oleh guru, penerimaan pembelajaran melalui contoh perilaku guru, dan penjelasan guru yang mudah dipahami oleh peserta didik. 2) Gambaran etika pergaulan peserta didik Kelas VIII di MTs PP Al-Urwatul Wutsqaa menunjukkan tingkat yang baik dengan nilai 80% (>79%). Dibuktikan dengan sikap saling menghargai terhadap teman sekelas, kesopanan dan penghargaan terhadap guru, serta sikap kepedulian terhadap teman sekelas dan guru. Hal ini mencerminkan adanya kesadaran akan pentingnya etika pergaulan yang baik dalam lingkungan sekolah MTs PP Al-Urwatul Wutsqaa. 3) Pengaruh hasil belajar Aqidah Ahklak terhadap Etika Pergaulan Peserta Didik Kelas VIII di MTs PP Al-Urwatul Wutsqaa menunjukkan pengaruh yang positif dan signifikan dengan nilai yaitu 0,000 < 0,05. maka H0ditolak dan H1 diterima. sehingga Hasil belajar Aqidah Akhlak berpengaruh positif dan signifikan terhadap etika pergaulan peserta didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Aqidah Akhlak, Etika Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: magang user
Date Deposited: 13 Aug 2024 03:02
Last Modified: 13 Aug 2024 03:02
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6716

Actions (login required)

View Item View Item