Warda, Warda (2018) Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X MA DDI Lil-Banat Kota Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Full text)
13.1100.147.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA : Komunikasi interpersonal merupakan aspek penting yang harus terjalin antara guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran agar tercipta proses pembelajaran sesuai yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh komunikasi interpersonal terhadap motivasi belajar peserta didik kelas X MA DDI Lil-Banat kota Parepare. Jenis penelitian ini yakni penelitian asosiatif kuantitatif dengan desain kuantitatif korelasional. Sampel penelitian sebanyak 34 orang dengan jumlah 34 populasi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, angket atau kuesioner dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan yakni analisis statistik bevariat dengan menggunakan product moment. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Intensitas komunikasi interpersonal peserta didik kelas X MA DDI Lil-Banat kota Parepare berada pada kategori rentangan sedang 74.40 %, dengan menganalisis 34 responden. (2) Tingkat motivasi belajar peserta didik kelas X MA DDI Lil-Banat kota Parepare berada pada kategori rentangan sedang 70.80 %, dengan menganalisis 34 responden. (3) Terdapat pengaruh yang singnitifikan antara komunikasi interpersonal terhadap motivasi belajar peserta didik kelas X MA DDI Lil-Banat Parepare, yang dibuktikan dengan nilai rxy = 0.988 ≥ r table = 0.339 dan nilai thit = 2. 698 dengan nilai signifikan 0.001 < 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh komunikasi interpersonal terhadap motivasi belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Arwin Arwin |
Date Deposited: | 29 Aug 2019 23:00 |
Last Modified: | 29 Aug 2019 23:00 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/671 |
Actions (login required)
View Item |