Febry, Muhammad Zaldy (2023) Zaldy Febry. Strategi Program Berencana Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Di Kelurahan Lompoe. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.3500.004.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Program Keluarga Berencana (KB) merupakan sebuah program dengan sebuah tujuan utama membina keluarga yang berkualitas sehingga memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk merencanakan kehidupan keluarga menuju keluarga yang sejahtera. Tujuan daripada penelitian ini yaitu agar mengetahui strategi seperti apa yang digunakan pada program Keluarga Berencana (KB) dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga di Kelurahan Lompoe. Penelitian ini memakai metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan motode pengempulan data melalui tahapan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun tehnik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara maka ditemukan hasil dari penelitian ini bahwa pada bentuk kesejahteraan keluarga di Keluruhan Lompoe belum dapat dikatakan sebagai keluarga yang sejahtera sebab tidak memenuhi dari ketiga aspek kesejahteraan sosial yaitu aspek psikologi, menurut landasan teori pada penelitian ini, masih terdapat kelemahan (weakness) dalam strategi pelaksanaan program Keluarga Berencana yaitu pada tahapan perencanaan (planning) sehingga membuat program Keluarga Berencana (KB) tidak berjalan secara maksimal di Kelurahan Lompoe. Selanjutnya masih adanya hambatan yang menjadikan program ini tidak menjangkau keseluruh masyarakat yang ada di wilayah Kelurahan Lompoe.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Program KB, Strategi, Sejahtera
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Sosiologi Agama
Depositing User: magang user
Date Deposited: 12 Aug 2024 01:34
Last Modified: 12 Aug 2024 01:34
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6702

Actions (login required)

View Item View Item