Riskayanti, Riskayanti (2024) Dampak Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Berkunjung Kembali ke Objek Wisata Salupajaan di Desa Batetangnga. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.93202.001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Kualitas pelayanan merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan daya saing. Kualitas pelayanan adalah suatu kondisi yang berhubungan dengan seberapa jauh pihak penyedia jasa dapat memberikan bentuk pelayanan yang sesuai dengan harapan pelanggannya. Objek dan daya tarik wisata merupakan salah satu unsur penting dalam dunia kepariwisataan. Salah satu wisata yang sedang berkembang pesat saat ini adalah wisata salupajaan yang terletak di Kanang tepatnya di Dusun Lumalang, Desa Batetangnga. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pelayanan pengunjung dan minat berkunjung kembali di wisata Salupajaan, serta untuk mengetahui dampak kualitas layanan terhadap minat pengunjung di wisata Salupajaan. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kualitatif dengan pendekatan field research dan dalam mengumpulkan data peneliti turun langsung kelapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dari pemilik, pengelola, dan wisatawan atau pengujung wisata Salupajaan. Data sekuder yaitu yaitu data yang diperoleh dari berbagai sumber yang berkaitan dengan judul penelitian berupa dokumentasi dan surat keterangan wawancara dari narasumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kualitas pelayanan yang diberikan di wisata Salupajaan sangatlah baik karena wisatawan disambut dengan sopan dan santun. 2) Adanya fasilitas yang lengkap mulai dari tempat parkir yang luas, kolam renang yang banyak, spot foto yang indah dan menarik, terdapat musholla, villa, aula, gazebo, wc, tempat berganti pakaian, tempat karaoke beserta wifinya sampai tempat pembakaran ikan yang disediakan membuat para pengunjung wisata sangat tertarik untuk berkunjung kembali ke wisata Salupajaan. 3) Kualitas pelayanan yang diberikan kepada pengujung berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung ke wisata Salupajaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Keputusan Berkunjung Kembali, Wisata Salupajaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Pariwisata Syariah
Depositing User: magang user
Date Deposited: 09 Aug 2024 07:33
Last Modified: 09 Aug 2024 07:33
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6693

Actions (login required)

View Item View Item