Suhaela, Suhaela (2023) Efektivitas Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII SMP Negeri 2 Cempa Kab. Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.84206.018.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam peningkatan aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Cempa Kab. Pinrang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilaksanakan sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan yang muncul di dalam kelas. Metode ini dilakukan dengan empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Keempat tahapan tersebut merupakan siklus yang berlangsung secara berulang dan dilakukan dengan langkah-langkah yang sama dan difokuskan dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa aktivitas belajar peserta didik mengalami peningkatan sebanyak 12%. Peningkatan tersebut dapat dilihat melalui siklus yang telah dilakukan. Pada siklus I rata-rata presentase aktivitas belajar peserta didik yaitu 71% dengan kriteria aktif. Sementara pada siklus II rata-rata presentase aktivitas belajar peserta didik yaitu 83% dengan kriteria sangat aktif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) efektif dalam meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada pelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran CTL, Pembelajaran IPA, Aktivitas Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris IPA
Depositing User: magang user
Date Deposited: 09 Aug 2024 07:45
Last Modified: 09 Aug 2024 07:45
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6692

Actions (login required)

View Item View Item