Haslinda, Haslinda (2023) Peningkatan Aktivitas Beljar Peserta Didik Melalui Metode Montessori Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII SMP Negeri 6 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.84206.011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA materi klasifikasi makhluk hidup melalui penerapan metode montessori kelas VII.1 SMP Negeri 6 Parepare. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru kelas VII SMP Negeri 6 Parepare. Penelitian ini menggunakan model Kemmis & Mc Taggart yang terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII.1 SMP Negeri 6 Parepare yang berjumlah 23 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan cacatan lapangan. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas siswa dan lembar observasi aktivitas guru. Analisis data pada penelitian ini menggunakan deskripsif kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif yaitu dengan mencari persentase skor hasil observasi aktivitas belajar siswa. Hasil persentase tersebut kemudian dianalisis secara kualitatif berupa pemaparan data dalam bentuk kata-kata. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar siswa kelas VII.1 mengalami peningkatan. Rerata persentase aktivitas belajar siswa yang mencapai kriteria tinggi dari 23 peserta didik meningkat dari siklus I ke siklus II. Peningkatan tersebut juga diikuti dengan peningkatan aktivitas belajar siswa pada setiap aspeknya. Aspek tersebut diantaranya yaitu Visual activities, Oral activities, Listening activities, Writing activities, Motor activities, Emotional activities, Mental Activites. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan dalam setiap siklus terdapat 3 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa dapat ditingkatkan, dapat dilihat dengan hasil yang sangat memuaskan yaitu rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I, sebesar 71%, sedangkan pada siklus II rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 84%. Telah terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 13%. Hasil belajar siswa dengan rata-rata perolehan siklus I sebesar 56% sedangkan rata-rata pada siklus II sebesar 100%. Telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 44%. Berdasarkan temuan dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Montessori dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 6 Parepare

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: belajar peserta didik, Metode montessori, pembelajaran IPA
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris IPA
Depositing User: magang user
Date Deposited: 09 Aug 2024 07:24
Last Modified: 09 Aug 2024 07:24
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6691

Actions (login required)

View Item View Item