Fitri, Erin Pradina (2024) Pemanfaatan Laboratorium dalam Pembelajaran IPA di MTs YMPI Rappang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
18.84206.006.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Pemanfaatan Laboratorium telah menjadi salah satu problematika dalam setiap proses pembelajaran, kurangnya fasilitas laboratorium menjadi faktor utama kurang maksimalnya pembelajaran IPA dilakukan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pemanfaatan laboratorium dalam pembelajaran IPA dan untuk mengetahui masalah yang mempengaruhi pemanfaatan laboratorium serta mendeskripsikan solusi permasalahan terhadap pemanfaatan laboratorium Pembelajaran IPA di MTs YMPI Rappang. Metode peneltian yang digunakan ialah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi, informan yang diwawancara ialah Guru IPA, Kepala Laboratorium dan peserta didik. Teknik analisis data menggunakan data reduksi, data display dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemanfaatan laboratorium dalam pembelajaran IPA di MTs YMPI Rappang Kabupaten Sidenreng Rappang digunakan sebagai ruang pembelajaran IPA dalam aspek pemanfaatan pengenalan alat, pemanfaatan penggunaan dan pemanfaatan evaluasi atau perawatan alat dengan menggunakan seluruh fasilitas laboratorium sebagai penunjang utama pembelajaran materi Ilmu Pengetahuan Alam. Masalah yang mempengaruhi pemanfaatan laboratorium Pembelajaran IPA di MTs YMPI Rappang Kabupaten Sidenreng Rappang yaitu keterbatasan fasilitas dimana kurangnya fasilitas membuat peserta didik harus saling menunggu dalam menggunakan alat pada pembelajaran dan masalah pada kemampuan siswa dalam menggunakan alat, serta masalah ketidakhadiran siswa yang dapat mengganggu kelancaran proses pembelajaran di laboratorium. Solusi permasalahan terhadap pemanfaatan laboratorium Pembelajaran IPA di MTs YMPI Rappang Kabupaten Sidenreng Rappang yaitu dengan mengajukan permohonana penambahan fasilitas alat serta melakukan pemeliharaan secara intens terhadap alat yag telah tersedia untuk menciptakan suasana belajar yang tetap nyaman dirasakan oleh peserta didik sehingga pembelajaran IPA dapat terlaksana dengan baik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemanfaatan, Laboratorium, Pembelajaran IPA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris IPA |
Depositing User: | magang user |
Date Deposited: | 09 Aug 2024 07:23 |
Last Modified: | 09 Aug 2024 07:23 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6687 |
Actions (login required)
View Item |