Phadilah.Z, Hijjaratul (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII UPTD SMP Negeri 1 Parepare Pada Mata Pelajaran IPS. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
19.1700.041.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Pembelajaran berbasis proyek atau disebut dengan Project Based Learning (PJBL) merupakan salah satu upaya untuk mengubah pembelajaran yang selama ini berpusat pada guru menjadi pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII UPTD SMP Negeri 1 Parepare Pada Mata Pelajaran IPS. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini yakni seluruh peserta didik di kelas VIII UPDT SMP Negeri 1 Parepare yang berjumlah 205 peserta didik sedangkan untuk sampelnya yakni 18 peserta pada kelas eksperimen (VIII.10) yang terdiri dari 11 laki-laki dan 7 perempuan, adapun sampel penelitian pada kelas kontrol (VIII.1) yakni 32 peserta didik yang dimana terdiri dari 14 laki-laki dan 18 perempuan.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) hasil belajar peserta didik kelas VIII yang telah diterapkan model pembelajaran Project Based Learning pada mata pelajaran IPS memperoleh nilai rata-rata sebesar 87,22, (2) terdapat pengaruh penerapan project based learning yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 1 Parepare. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pretest dan posttest hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen yaitu nilai rata-rata pretest 50,28 dan nilai rata-rata posttest 87,22 yang menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VIII.10 pada mata pelajaran IPS. Selain itu dapat pula dilihat dari hasil uji N-Gain Score yang dimana diperoleh rata-rata sebesar 73,9722 atau 73,9% hal ini menunjukkan bahwa penerapan model Project Based Learning pada mata pelajaran IPS di kelas VIII SMP Negeri 1 Parepare cukup efektif dalam hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Project Based Learning, Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPS |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 09 Aug 2024 06:49 |
Last Modified: | 09 Aug 2024 06:49 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6685 |
Actions (login required)
View Item |