Yuliana, Yuliana (2023) Pengaruh Metode Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 3 Mattiro Sompe Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
18.1700.052.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahaui penggunaan metode Ice Breaking pada mata pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 3 Mattiro sompe kabupaten pinrang, motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial Kelas VIII SMP Negeri 3 Mattiro Sompe Kabupaten Pinrang dan pengaruh metode Ice Breaking terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 3 Mattiro Sompe Kabupaten Pinrang. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif Ex-post Facto dan dilaksanakan di SMP Negeri 3 Mattiro Sompe Kabupaten Pinrang, sumber data dalam penelitian ini adalah sampel dan populasi yaitu siswa SMP kelas VIII. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket, teknik dokumen, dan teknik observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini mengunakan teknik statistik inferensial dan deskriptif Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1. Penerapan metode Ice Breaking dalam pelajaran ilmu pengetahuan sosial peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Mattiro Sompe Kabupaten Pinrang telah terterapkan dengan sangat baik dengan perolehan nilai krteria sebesar 96%. 2. Nilai motivasi belajar peserta didik memliki nilai 97% dengan kategori sangat baik dalam pelajaran ilmu pengetahuan sosial pada kelas VIII SMP Negeri 3 Mattiro Sompe Kabupaten Pinrang 3. Hasil analisis statistik didapatkan nilai f sebesar 289.61 dan tingkat signifikan 0.00 ≤ 0.05 oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa hipotesis pada Ha diterima dan hipotesis pada Ho ditolak artinya penarapan metode Ice Breaking terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di SMP Negeri 3 Mattiro Sompe Kabupaten Pinrang terdapat pengaruh, diperoleh nilai SE = 0,871 atau 8,71,% yang artinya sumbangan efektif (SE) Ice Breaking (X) pada motivasi belajar peserta didik (Y) sebesar 8,71%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Ice Breaking, Motivasi Belajar,Ilmu Pengetahuan Sosial. |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 09 Aug 2024 06:37 |
Last Modified: | 09 Aug 2024 06:37 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6684 |
Actions (login required)
View Item |