Nurmaya, Nurmaya (2018) Peran guru pendidikan agama islam dalam meningkatan motivasi shalat dzuhur berjamaah di SMAN 5 Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Full text)
13.1100.104.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi shalat dzuhur berjamaah peserta didik di SMAN 5 Pinrang.Hasil penelitian ini di harapkan dapat di gunakan untuk mengetahui bagaimana dan dengan cara apa guru PAI memberikan motivasi dan dukungan untuk meningkatkan kegiatan shalat dzuhur berjamaah peserta didik di SMAN 5 Pinrang, serta memberikan sumbangan kepada SMAN 5 Pinrang tentang pentingnya kegiatan shalat dzuhur berjamaah peserta didik di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar tempat SMAN 5 Pinrang.Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan , wawancara dan dokumentasi. analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah dapat di tarik kesimpulan. Pemeriksaan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi data. Hasil penelitian ini dapat di kemukakan bahwasanya peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi shalat dzuhur berjamaah di sekolah berpengaruh terhadap peningkatan ibadah shalat lima waktu dan ibadah shalat dzuhur berjamaah di sekolah, serta meningkatkan keimanan, moral dan akhlak yang baik, baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat setempat. Meskipun masih ada beberapa peserta didik yang belum sepenuhngnya mengerjakan ibadah shalat lima waktunya dengan sungguh-sungguh hanya ketika di sekolah saja dia mengerjakan ibadah shalat dzuhur berjamaah, tetapi seluruh stab-stab sekolah terutama guru Pendidikan Agama Islam akan terus berusaha memberikan motivasi kepada peserta didiknya dengan berbagai macam cara meski dengan pemberian sansi berupa tugas-tugas atau hukuman lainnya yang membuatnya takut sehingga dia mau mengerjakan ibadah shalat lima waktu di mulai dari kebiasaan mengerjakan ibadah shalat dzuhur berjamaah di sekolah, dan bisa juga dengan cara pemberian arahan yang dapat menyentuh hatinya agar mengerjakan ibadah shalat lima waktu dengan sungguh-sungguh jangan hanya di sekolah saja.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Arwin Arwin |
Date Deposited: | 29 Aug 2019 19:38 |
Last Modified: | 29 Aug 2019 19:38 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/668 |
Actions (login required)
View Item |