Ridwan, Muh (2019) Penerapan Metode Discovery Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI Peserta Didik Kelas XI SMA NEGERI 3 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
13.1100.096.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

INDONESIA : Metode discovery. (penemuan) adalah merupakan metode proses pembelajaran yang memperkenankan peserta didik untuk menemukan sendiri, mencari sendiri, mengarahkan, menyelidiki, konsep, dan prinsip dari pengetahuan, sikap, serta keterampilan sehingga menimbulkan perubahan tingkah laku peserta didik yang lebih aktif. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan pada dua siklus. Penerapan metode discovery Based Learning dalam penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan melalui dua siklus dan dalam setiap siklus ada empat komponen yang sangat penting yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Respon peserta didik terhadap metode discovery based learning sangat baik, dilihat dari hasi belajar yang diperoleh peserta didik yang mengalami peningkatan. Begitupun dengan efektifitas penerapan metode discovery based learning yang dianggap cukup baik dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Berdasrkan hasil penelitian yang diperoleh dari dua siklus, maka penulis menyimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) mengalami peningkatan melalui metode Discovery Based Learning yang digunakan. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata skor perolehan peserta didik yang pada siklus 1 sebesar 69,13, kemudian mengalami peningkatan hasil belajar pada siklus 2 yaitu sebesar 86,08. Selain itu, berdasarkan criteria bentuk presentasi yang digunakan siklus 1 berada pada kategori tinggi, kemudian pada siklus 2 telah mampu mencapai kategori sangat tinggi. Sehingga dengan penerapan metode Discovery Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan Agama Islam (PAI) peserta didik pada kelas XI IPA 2 SMA Negeri 3 Parepare.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arwin Arwin
Date Deposited: 29 Aug 2019 18:13
Last Modified: 29 Aug 2019 18:13
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/666

Actions (login required)

View Item View Item