ZULFIAH, ZULFIAH (2022) Efektivitas Pengelolaan Diri Terhadap Peningkatan Kedisiplinan Peserta Didik Di SMKN 6 Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
19.3200.001.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Kedisiplinan merupakan tindakan yang diperlukan oleh setiap individu untuk mematuhi peraturan dan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat, lingkungan sekolah, bahkan dalam tingkat nasional. Tingkat kedisiplinan yang tinggi cenderung berkontribusi pada pencapaian nilai minimal yang memadai dalam proses belajar.Selain itu, individu yang disiplin dapat mencapai ketertiban dan memiliki jadwal yang teratur, sehingga memperoleh keberhasilan dalam meraih tujuannya.Dalam konteks kegiatan belajar-mengajar di sekolah, kedisiplinan menjadi aspek kritis.Tanpa adanya kedisiplinan, siswa akan kesulitan dalam mengikuti pelajaran dengan Tujun penelitian ini adalah untuk menilai sejauh mana pengaruh manajemen diri terhadap peningkatan disiplin belajar peserta didik di SMKN 6 Pinrang. Metode penelitian yang diterapkan adalah eksperimen kuantitatif dengan desain one group pre-test dan post-test, di mana perbandingan dilakukan antara hasil pre-test sebelum perlakuan dengan hasil post-test setelah perlakuan diberikan.Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMKN 6 Pinrang yang berjumlah 184 orang dengan sampel yang diambil yaitu siswa kelas X dengan jumlah sampel 45peserta didik. Pengambilan data digunakan dengan menggunakan tes (pretes dan posttes) yang dikembangkan oleh peneliti dengan aspek pendorongan diri,penyusunan diri, pengendalian diri, dan pengembangan diri yangdikemukakan oleh Gie. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kedisiplinan peserta didik SMKN 6Pinrang sebelum mendapatkan bimbingan pengelolaan diri sebanyak 12 peserta didik (26,7%) dari jumlah penelitian berada pada kategori rendah; (2) Kedisiplinan peserta didik SMKN 6 Pinrang sesudah mendapatkan bimbingan pengelolaan diri yang terdiri dari 45 peserta didik yaitu: 20 peserta didik (44,5%) dari jumlah subjek penelitian berada pada kategori tinggi; (3) Layanan bimbingan pengelolaan diri efektif untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik SMKN 6 Pinrang dilihat dari rata-rata pre-test sebesar 58,14 sedangkan rata-rata post-test sebesar 84,86. Artinya rata-rata post-test lebih tinggi dari rata-rata pre-test. Sehingga dapat dikatakan bahwa terjadi peningkatan pada tingkat kedisiplinan belajar peserta didik setelah memperoleh layanan bimbingan pengelolaan diri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, kedisiplinan belajar, pengelolaan diri |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | magang user |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 03:40 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 03:40 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6651 |
Actions (login required)
View Item |