Aryanti, Nurul Alfia (2024) Penanaman Nilai Moral Terhadap Keluarga Muslim di Desa massewae Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.3200.037.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Nilai moral merupakan nilai yang berkaitan dengan perbuatan baik dan buruk yang menjadi dasar kehidupan manusia dan masyarakat. Nilai moral memberikan arahan tentang bagaimana individu berperilaku baik dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penanaman nilai moral terhadap keluarga muslim serta untuk mengetahui bentuk penanaman nilai moral terhadap keluarga muslim di Desa Massewae Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Jumlah informan dalam penelitian ini yaitu 6 orang. Teknik pengumpulan data di peroleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang di gunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai moral terhadap keluarga muslim di Desa Massewae Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang adalah kejujuran. Orang tua membiasakan anak-anaknya untuk tidak berbohong dan apabila anaknya ketahuan berbohong, hal yang dilakukan orang tua adalah memberikan teguran dan nasehat. Adapun bentuk penanaman nilai moral pada anak melalui 3 metode yaitu: (1) Keteladanan, memperlihatkan contoh dan keseharian yang baik seperti shalat dan mencium tangan orang tua. (2) Kebiasaan, membiasakan anak berperilaku baik seperti bertutur kata yang baik. (3) Perhatian, memberka perhatian berupa kasih sayang, pengawasan, dan memenuhi kebutuhannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Anak, Penanaman Nilai Moral
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: magang user
Date Deposited: 07 Aug 2024 03:30
Last Modified: 07 Aug 2024 03:30
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6645

Actions (login required)

View Item View Item