Ramadani, Suci (2023) Pembentukan Kemandirian Anak Melalui Metode Bimbingan Agama Islam di Panti Asuhan Al-Amin Kota Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
16.3200.087.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Metode bimbingan agama islam merupakan proses pemberian bantuandari seorang pembimbing kepadasatu individu atau sekumpulan individu yang dilakukan secara berkala, yang bertujuan agar individu atau sekumpulan individu bersangkutan dapat mengembangkan dirinya secara maksimal sesuai dengan apa yang diharapkan pembimbing berdasarkan pada perintah agama. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui metode bimbingan agama islam yang digunakan dalam membentuk kemandirian anak di Panti Asuhan Al-Amin dan untuk mengetahui bentuk kemandirian seperti apa yang terbentuk pada anak asuh di Panti Asuhan Al-Amin Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dimana dalam mengumpulkan data digunakan teknik atau cara yaitu observasi,wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini berlokasi di Panti Asuhan Al-Amin Kota Parepare dan dilakukan pada Januari sampai dengan Februari 2023, dengan fokus penelitian yaitu metode yang digunakan dalam membentuk kemndirian serta bentuk kemandirian yang terbentuk di Panti Asuhan Al-Amin. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Panti Asuhan Al-Amin Kota Parepare menggunakan metode bimbingan agama islam untuk membentuk perilaku kemandirian anak di panti, metode yang digunakan termasuk pendekatan individu dimana metodenya yaitu nasehat dan pendekatan kelompok yang berisi beberapa metode seperti metode teladan, pembiasaan, dan ceramah. (2)karakteristik kemandirian anak di panti asuhan Al-Amin Kota Parepare yaitu terbagi menjadi 3 kelompok dimana anak usia 10-11 tahun sudah mempunyai kemandirian nilai akan tetapi kemandirian emosional dan tingkah laku belum sepenuhnya terbentuk. Anak usia 12-15 tahun kemandirian emosional dan tingkah lakunya sebagian dari mereka sudah terbentuk dan sisanya masih belum terbentuk. Usia 16-22 tahun kemandirian emosional,tingkah laku, maupun nilai sudah terbentuk sepenuhnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Bimbingan Agama Islam, Pembentukan Kemandirian, Panti Asuhan.
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: magang user
Date Deposited: 07 Aug 2024 02:37
Last Modified: 07 Aug 2024 02:37
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6631

Actions (login required)

View Item View Item