Nabila, Putri (2023) Sistem Informasi Transaksi Tagihan PDAM pada Aplikasi dalam Meningkatkan Kesadaran Pembayaran Pelanggan di Kota Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.2900.053.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Sistem informasi merupakan kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dalam manajemen. Dengan adanya sistem informasi transaksi tagihan yang efektif, PDAM Tirta Karajae Kota Parepare dapat mengoptimalkan penggunaan sumber daya dan mempercepat proses administrasi keuangan. PDAM Tirta Karajae Kota Parepare, melihat banyaknya pelanggan yang mengantri dan berdesakan membuat pelayanan terhambat sehingga perusahaan mengeluarkan sistem informasi berbasis online sekaligus mengikuti teknologi yang semakin canggih sehingga PDAM menerapkan sistem informasi dalam membantu proses transaksi tagihan untuk memudahkan para pelanggan dalam melakukan pembayaran Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang (1) Bagaimana kesadaran pelanggan membayar tagihan PDAM melalui aplikasi (2) Apakah penggunaan sistem informasi transaksi dapat meningkatkan kesadaran membayar tagihan PDAM pada aplikasi (3) Bagaimana tinjauan manajemen keuangan syariah terhadap sistem informasi transaksi tagihan melalui aplikasidi PDAM Tirta karajae Kota Parepare. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan jenis penelitian studi lapangan yang dilakukan di Kantor PDAM Tirta Karajae Kota Parepare. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kesadaran masyarakat atau pelanggan PDAM Tirta Karajae Parepare guna melakukan transaksi tagihan perbulannya meningkat dengan sosialisasi yang dilakukan oleh pihak PDAM Tirta Karajae Kota Parepare secara intens dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi dimasa yang sekarang seperti instagram, facebook, serta media sosial lainnya. Namun, guna meningkatkan kesadaran masyarakat atau pelanggan secara optimal maka dibutuhkan langkah lain seperti memerhatikan aspek pelayanan kepada pelanggan berupa keluhan yang dialami, dan juga memberikan penghargaan kepada pelanggan guna memotivasi mereka melakukan pembayaran tagihan tepat waktu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Transaksi Tagihan, Kesadaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: magang user
Date Deposited: 06 Aug 2024 07:11
Last Modified: 06 Aug 2024 07:11
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6601

Actions (login required)

View Item View Item