Aulia, Meisya Elvira (2023) Analisis Penyaluran Dana CSR dalam Peningkatan Nasabah Bank Syariah Indonesia. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.2300.079.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Bank Syariah Indonesia adalah salah satu perusahaan nasional yang memiliki tanggung jawab sosial terhadap kondisi sosial masyarakat Indonesia. Tanggung jawab sosial perusahaan terhadap sosial masyarakat disebut dengan Corporate Social Responsibility (CSR). Skipsi ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui mekanisme penyaluran dana CSR dalam peningkatan nasabah Bank Syariah Indonesia; 2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penyaluran dana CSR dalam peningkatan nasabah Bank Syariah Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilaksanakan dengan prosedur analisis: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Mekanisme penyaluran dana CSR dalam peningkatan nasabah Bank Syariah Indonesia, berdasarkan kriteria CSR, yakni: kepatuhan syariah, keadilan dan kesejahteraan, tanggung jawab dalam bekerja, jaminan kesejahteraan, jaminan kelestarian alam, serta bantuan kebijakan sosial. Penyaluran dana CSR dapat meningkatkan kualitas hubungan antara BSI dengan masyarakat selaku stakeholder. Hubungan tersebut akan membuka peluang lebih luas kepada BSI sendiri untuk memasarkan produknya kepada masyrakat. Manfaat CSR tersebut berdampak pada peningkatan nasabah BSI. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi penyaluran dana CSR dalam peningkatan nasabah Bank Syariah Indonesia, yakni: Menyangkut human capital atau pemberdayaan manusia; Environments yang berbicara tentang lingkungan; Good Corporate Governance artinya tata kelola usaha yang baik; Social Cohesion artinya dalam melaksanakan CSR jangan menimbulkan kecemburuan sosial; dan Economic Strength atau memberdayakan lingkungan menuju kemandirian di bidang ekonomi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Distribution of CSR funds, Increasing Customers..
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: magang user
Date Deposited: 05 Aug 2024 01:42
Last Modified: 05 Aug 2024 01:42
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6546

Actions (login required)

View Item View Item