Samad, Siti Nurhaliza (2024) Sistem Gadai Sawah Dalam Perspektif Ekonomi Syariah Di Kecamatan Watang Sawitto Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.2400.083.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Gadai sawah adalah hubungan hukum antara seseorang dengan tanah kepunyaan orang lain, yang telah menerima uang gadai dari padanya. Selama uang gadai belum dikembalikan, sawah tersebut dikuasai oleh “pemegang gadai”. Pengembalian uang gadai tergantung pada kemauan dan kemampuan pemilik tanah yang menggadaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem gadai sawah dalam perspektif ekonomi syariah di Kecamatan Watang Sawitto Kabupaten Pinrang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian ini diperoleh dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Adapun teknik yang digunakan dalam menganalisis data yaitu dengan cara reduksi data, display data dana penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada 3 sistem gadai yang dilaksanakan oleh masyarakat yaitu sistem gadai dengan pemanfaatan sawah oleh pihak penerima gadai (murtahin), sistem gadai dengan pemanfaatan sawah oleh penggadai (rahin) dengan adanya bagi hasil dan sistem gadai pemanfaat sawah oleh pihak lain atas perintah penerima gadai (murtahin). Menurut perspektif ekonomi syariah sistem gadai tersebut belum sesuai dengan ketentuan gadai dalam Ekonomi Islam karena adanya manfaat yang diterima penerima gadai (murtahin) pada barang jaminan (sawah).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Gadai Sawah, Perspektif, Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: magang user
Date Deposited: 02 Aug 2024 09:07
Last Modified: 02 Aug 2024 09:07
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6537

Actions (login required)

View Item View Item