afni, Nur (2023) Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Pendapatan Pedagang Kuliner Di Pasar Senggol Kota Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
19.2400.077.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (9MB) |
Abstract
Bauran pemasaran (produk, harga, distribusi dan promosi) berperan penting untuk keberhasilan para pedagang kuliner dalam mempengaruhi pendapatan yang akan di peroleh oleh para pedagang kuliner dengan meningkatkan jumlah pelanggan. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui adanya pengaruh secara parsial produk, harga, distibusi dan promosi terhadap pendapatan pedagang kuliner di pasar senggol Kota Parepare dan untuk mengetahui adanya pengaruh produk, harga, distribusi dan promosi secara simultan terhadap pendapatan pedagang kuliner di pasar senggol Kota Parepare. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif khususnya kuantitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini dilakukan di pasar senggol Kota Parepare dan waktu penelitian yang digunakan selama ± 2 bulan. Instrumen pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi dan angket/kuesioner. Sampel penelitian ini sebanyak 32 orang dari populasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dengan bantuan program aplikasi SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan 1. Secara parsial adanya pengaruh positif dan signifikan antara produk terhadap pendapatan di pasar senggol Kota Parepare, dengan hasil nilai thitung 2,497 > ttabel 2,042 dan nilai sig 0,006< 0,05. 2. Secara parsial adanya pengaruh positif dan signifikan harga terhadap pendapatan di pasar senggol Kota Parepare, dengan hasil nilai thitung 2,326> ttabel 2,042 dan nilai sig 0,028< 0,05. 3. Secara parsial tidak adanya berpengaruh positif dan signifikan distribusi terhadap pendapatan di pasar senggol Kota Parepare, dengan hasil nilai thitung 0,272< ttabel 2,042 dan nilai sig 0,788< 0,05. 4. Secara parsial berpengaruh positif dan signifikan promosi terhadap pendapatan di pasar senggol Kota Parepare, dengan hasil nilai thitung 2,421 > ttabel 2,042 dan nilai sig 0,004< 0,05. 5. Secara simultan variabel produk, harga, distribusi dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan pedagang kuliner di pasar senggol Kota Parepare, dengan hasil nilai Fhitung > Ftabel (2,875> 2,690) dengan nilai sig 0,044 < 0,05. Dalam pengujian koefisien determinasi (R2) variabel produk, harga, distribusi dan promosi mempengaruhi pendapatan pedagang kuliner di pasar senggol Kota Parepare sebesar 0,658 atau 65,8% dan sisanya 34,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bauran Pemasaran, Pendapatan |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah |
Depositing User: | magang user |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 09:06 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 09:06 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6536 |
Actions (login required)
View Item |