Ilhamsyah, Rezki (2023) Pengaruh Eksistensi Alfamart Terhadap Minat Beli Konsumen Di Toko Grosir Kecamatan Bacukiki Barat Kota Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
19.2400.061.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Saat ini begitu banyak bermunculan toko-toko modern seperti Alfamart yang ada di kota parepare. Masyarakat banyak yang memilih berbelanja di Alfamart dengan berbagai alasan. Misalnya produknya lengkap, lokasi yang strategis, buka 24 jam, menyediakan layanan pesan antar, dilengkapi dengan fasilitas Air Conditioner (AC). Kemudahan dan kenyamanan tersedia berbagai fasilitas menjadi alasan bagi masyarakat untuk memilih berbelanja di Alfamart dibandingkan di toko grosir. Akan tetapi harga yang ada pada toko grosir jauh lebih murah dibandingkan dengan harga yang ada di Alfamart. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi eksistensi Alfamart, seberapa tinggi minat beli konsumen di toko grosir, dan apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara eksistensi Alfamart terhadap minat beli konsumen di toko grosir kecamatan bacukiki barat kota Parepare. Penelitian ini berjenis penelitian kuantitatif deskriftif dengan populasi sebesar 391 dengan sampel 80 konsumen. Adapun pengumpulan data menggunakan angket dengan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) tingkat eksistensi Alfamart di Kecamatan Bacukiki Barat Kota Parepare termasuk dalam kategori sedang dengan angka presentase 79,1%. (2) tingkat minat beli konsumen di Toko grosir Kecamatan Bacukiki Barat Kota Parepare berada di kategori sedang dengan angka presentase 71%. (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara eksistensi Alfamart terhadap minat beli konsumen di Toko grosir Kecamatan Bacukiki Barat Kota Parepare. Dengan nilai signifikan 0.026 < 0.05 dan nilai r² adalah 0.062 atau 6.2%, maka dapat disimpulkan bahwa minat beli konsumen di toko grosir dipengaruhi sebesar 6.2% oleh eksistensi Alfamart.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Alfamart, Toko Grosir, Minat Beli |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah |
Depositing User: | magang user |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 09:04 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 09:04 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6534 |
Actions (login required)
View Item |