Annisa, Afriliani Dwi (2024) Pengaruh Digital Marketing terhadap Minat Konsumen dalam Penggunaan Jasa Teman Kurir di Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.2400.057.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang positif dan signifikan digital marketing terhadap minat konsumen dalam penggunaan jasa Teman Kurir di Pinrang dan seberapa besar pengaruh digital marketing dapat mempengaruhi minat konsumen dalam penggunaan jasa Teman Kurir di Pinrang. Penelitian ini dilakukan karena pengetahuan terhadap implementasi digital marketing yang tidak merata dalam masyarakat menyebabkan Teman Kurir kesulitan untuk memperluas jangkauan pasarnya. Diharapkan dengan jumlah pengguna internet dan media sosial yang terus meningkat pemanfaatan digital marketing akan berpengaruh terhadap penyampaian informasi mengenai produk dan perluasan jangkauan konsumen sehingga mampu mempengaruhi minat konsumsi masyarakat untuk menggunakan jasa Teman Kurir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam mengumpulkan data dan menggunakan metode penelitian survei (survey research) serta metode penelitian korelasional. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji korelasi, uji regresi linear sederhana, uji koefisien determinasi dan uji t. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan kuesioner. Penarikan sampel penelitian menggunakan metode simple random sample dengan sampel 96 orang berdasarkan hasil perhitungan penarikan sampel menggunakan rumus Chocran karena jumlah populasi tidak diketahui secara pasti. Hasil penelitian ini dapat diketahui pertama hasil pengujian korelasi dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan hasil uji t dengan nilai t hitung 6,499 > t tabel 1,985 sehingga dapat diketahui variabel digital marketing (X) memiliki hubungan atau berkorelasi dengan variabel minat konsumen (Y) yang berarti variabel digital marketing berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat konsumen. Kedua nilai koefisien regresi variabel digital marketing (X) sebesar 0,630 menyatakan bahwa setiap penambahan 1% nilai digital marketing, maka nilai minat konsumen bertambah sebesar 0,630. Nilai Koefisien determinasi 0,310 atau 31% menunjukkan bahwa digital marketing berpengaruh terhadap minat konsumen sebesar 31% yang termasuk kategori lemah namun mendekati moderat, sedangkan 69% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Digital Marketing, Minat Konsumen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: magang user
Date Deposited: 02 Aug 2024 09:02
Last Modified: 02 Aug 2024 09:02
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6532

Actions (login required)

View Item View Item