Ewit, Ewit (2018) Pengaruh Metode Pembelajaran Variatif pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 2 Polewali. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
12.1100.032.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

INDONESIA : Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh metode variatif pada mata pelajaran pendidikan agama islam terhadap hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 2 Polewali. Metode pembelajaran variatif sangat berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik, karena dengan menggunakan metode pembelajaran variatif atau menggunakan beberapa metode dalam proses pembelajaran peserta didik mampu menguasai materi dan membangkitkan minat belajar peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode obsesvasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dengan tehnik deskriftif. Mendeskripsikan mengenai rumus pengaruh metode pembelajaran variatif pada mata pelajaran pendidikan agama islam terhadap hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 2 Polewali. Besarnya pengaruh penggunaan metode pembelajaran variatif terhadap hasil belajar peserta didik dapat diketahui dengan mengkuadratkan nilai kofisiensi korelasi. Kofisiensi korelasi yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah 0,989. Kemudian dikuadratkan, maka diperoleh hasil 0,9781. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa besarnya pengaruh penggunaan metode pembelajaran variatif terhadap hasil belajar peserta didik adalah sebesar 97,81% dalam arti bahwa 2,19% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diamati dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini dapat dikemukakan berdasarkan hasil observasi, angket dan wawancara bahwa metode pembelajaran variatif yang dilaksanakan berhasil dengan sangat baik. Peserta didik lebih mudah memahami materi dan proses pembelajaran di kelas sangat menyenangkan. Jadi pendidik sangat dituntut untuk lebih kreatif, inovatif dalam menggunakan beberapa metode dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 28 Aug 2019 21:52
Last Modified: 28 Aug 2019 21:52
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/653

Actions (login required)

View Item View Item