Amelia, Vinska Putri (2024) Strategi Pengembangan Industri Kreatif Kerajinan Tempurung Kelapa di Kab. Barru (Studi Pada Usaha Karya Namira). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.2400.023.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Permasalahan yang didapat saat melakukan wawancara dan observasi di usaha kerajinan Karya Namira di Kelurahan Palanro Kabupaten Barru Berdasarkan wawancara awal yang dilakukan peneliti menunjukkan usaha tempurung kelapa Karya Namira selama menjalankan bisnisnya mengalami masalah pada pada segi pasar (market). ini dikarenakan Karya Namira belum menemukan target pasar yang tepat dalam penjualan produknya dan masih kesulitan dalam mendapatkan pasar yang tepat ini diakibatkan kurangnya pemahaman tentang industri kreatif baik dalam pengelolaan promosi, pembuatan produk, dan teknologi yang kurang memadai. alhasil berdampak pada usaha yang dijalankan akibatnya penjualan menjadi kurang maksimal dan tidak stabil setiap bulannya membuat Karya namira mengalami keterbatasan dalam pengembangan usahanya. Adapun tujuan dari penelitian ini yang Pertama mengetahui Strategi Pengembangan Industri Kreatif Kerajinan Tempurung Kelapa Karya Namira di Kab. Barru, Kedua mengetahui Pengembangan Industri Kreatif yang Baik Dikembangkan Oleh Usaha Karya Namira di Kab. Barru, Ketiga Untuk Mengetahui Tinjauan Ekonomi Islam Terhadap Strategi Pengembangan Industri Kreatif Kerajinan Tempurung Kelapa Karya Namira di Kab. Barru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi dan dalam pengumpulan data ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research). dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi secara langsung. Sumber data primer dengan teknik analisis deskriptif dan data sekunder dari bahan-bahan bacaan untuk mendukung data primer. Teknik menganalisis data yang digunakan adalah dengan mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pada strategi pengembangan yang dijalankan Karya Namira menggunakan segmentasi, targetting, dan positioning. 2) dalam menjalankan pengembangan usahanya dan dalam pengembangan industri kreatif yang dikembangkan usaha Karya Namira meliputi sumber daya manusia, kemajuan teknologi, keberadaan wirausahawan, dan kebijakan pemerintah. 3) Strategi Pengembangan Industri Kreatif Kerajinan Tempurung Kelapa Karya Namira di Kab. Barru dalam tinjauan ekonomi islam sudah selaras dengan prinsip ekonomi islam yaitu adil, bertanggung jawab, amanah, dan jujur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengembangan, Industri Kreatif, Karya Namira
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: magang user
Date Deposited: 02 Aug 2024 08:58
Last Modified: 02 Aug 2024 08:58
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6527

Actions (login required)

View Item View Item