Wahdania, Wahdania (2023) Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Persaingan Usaha Jual Beli Sepeda Motor Bekas di Kelurahan Langnga Kecamatan Mattiro Sompe Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
17.2400.012.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Sepeda motor adalah kendaraan roda dua yang digerakkan oleh mesin. Sepeda motor menjadi salah satu kendaraan yang paling diminati oleh masyarakat. Sehingga para pengusaha sepeda motor semakin banyak saingannya dan berpikir cara untuk mendapatkan dan menarik banyak pembeli agar usahanya terus bertahan dan tidak gulung tikar atau bangkrut. Hal inilah yang membuat sebagian pelaku bisnis menghalalkan berbagai cara demi kelancaran bisnis mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi, bentuk persaingan dan prinsip-prinsip etika bisnis Islam yang dilakukan oleh para pengusaha sepeda motor di Kelurahan Langnga. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya yaitu menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Strategi yang digunakan oleh para pengusaha sepeda motor berbeda-beda. Mulai dari melakukan pengamatan lingkungan, ada yg orientasinya lebih ke manarik minat masyarakat, memanfaatkan peluang yang ada,dan fokus ke harga, kualitas dan pelayanan. Bentuk persaingan mengenai produk, para pengusaha sepeda motor memahami kualitas dan detail setiap motornya. Persaingan harga adalah hal yang wajar terjadi. Persaingan tempat, tidak terjadi karena mereka percaya bahwa rezeki sudah ada yang atur. Persaingan pelayanan, para pengusaha sepeda motor rata-rata sudah memberikan pelayanan yang baik. Adapun persaingan para pengusaha sepeda motor sudah sesuai dengan prinsip etika bisnis Islam yaitu prinsip kesatuan (unity) tidak terlalu mengejar keuntungan dunia semata tetapi juga mengejar keuntungan akhirat, keseimbangan (Equilibrium) menyeimbangkan kewajiban dunia dan akhirat yaitu melaksanakan sholat apabila waktunya telah tiba, kehendak bebas (free will) tidak memaksa pembeli untuk membeli produknya, pertanggungjawaban (responsibility) jujur terhadap kondisi motor yang dijual dan kebenaran (kebaikan, kejujuran) memberikan pelayanan sebaik mungkin.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persaingan Bisnis, Sepeda Motor, dan Etika Bisnis Islam |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah |
Depositing User: | magang user |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 08:52 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 08:52 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6519 |
Actions (login required)
View Item |