Salwin, Salwin (2024) . Peran Manajemen Teknologi Pendidikan Dalam Mengoptimalkan Kualitas Hasil Belajar Siswa di SMPN 1 Aralle. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.1900.060.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran kualitas hasil belajar siswa dan untuk mengetahui manajemen teknologi pendidikan dalam mengoptimalkan hasil belajar siswa. Metode penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi fenomenologi dan dalam mengumpulkan data peneliti turun langsung kelapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumberdata yang digunakan dalampenelitian ini yaitu data primer dari wawancara dengan kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Data sekuder yaitu data yang diperoleh dari triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kualitas hasil belajar siswa di SMPN 1 Aralle sudah cukup baik dari yang sebelumnya dilihat dari ranah kognitf, ranah afektif, dan ranah psikomotorik siswa. Pada ranah kognitif siswa lebih mudah memahami materi, ranah afektif menunjukkan minat dalam belajar siswa meningkat, dan di ranah psikomotorik siswa mampu mengembangkan skill yang dimiliki.2) Manajemen teknlogi pendidikan yang dilakukan di SMPN 1 Aralle sudah cukup baik dengan adanya fasilitas yang diberikan. Selain itu manajemen teknologi di SMPN 1 Aralle mencakup perencanaan pembelajaran yang dituangkan dalam RPP, pelaksanaan pembelajaran yang berkaitan dengan metode yang digunakan dalam mengajar, dan evaluasi yang diberikan setelah pembelajaran, baik itu berupa tugas maupun ujian. Namun tentunya juga memiliki kendala dimana guru masih ada yang belum paham penggunaan teknologi pendidikan dikarenakan akses jaringan disekolah tersebut baru-baru terealisasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran Manajemen Teknologi, Pendidikan, Kualitas Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: magang user
Date Deposited: 02 Aug 2024 08:48
Last Modified: 02 Aug 2024 08:48
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6513

Actions (login required)

View Item View Item