Pamma, Pamma (2023) Kontruksi manajemen kurikulum pada masa Covid-19 di SMK Negeri 1 Pinrang,. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
19.1900.050.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Pada dunia pendidikan manajemen kurikulum atau tata kelola kurikulum difungsikan sebagai wujud untuk meningkatkan mutu pendidikan. Tanpa adanya tata kelola pendidikan yang baik, maka kualitas dari pendidikan tersebut perlu untuk dipertanyakan. Pesatnya perubahan-perubahan yang terjadi pada lingkungan sekitar baik lokal, regional, nasional maupun internasional saat ini berimplikasi terhadap pengelolaan penyelenggaraan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran pada masa Covid-19 di SMK Negeri 1 Pinrang, serta hasil belajar siswa pada masa Covid-19 di SMK Negeri 1 Pinrang. Metode penelitian dalam peneletian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus untuk mengetahui pengelolaan hasil pembelajaran pada masa Covid-19 di SMK Negeri 1 Pinrang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, wakasek kurikulum, guru dan siswa di SMK Negeri 1 Pinrang. Adapun teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan dua macam triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perencanaan pembelajaran di SMKN 1 Pinrang dilakukan dengan menyusun pedoman proses belajar mengajar yang disesuaikan dengan kondisi Covid-19 atau dengan peraturan yang diberlakukan oleh pemerintah. Perencanaan pembelajaran pada masa Covid-19 yaitu penggunaan perangkat pembelajaran (PP) yang harusnya dilakukan secara tatap muka beralih ke daring (Online). Selanjutnya, penyesuaian rencana perangkat pembelajaran (RPP) yang harus serba online meskipun dalam kondisi ini pembelajaran tidak bisa berjalan dengan baik. Adapun media pembelajaran yang digunakan oleh tenaga pendidik di SMKN 1 Pinrang berupa zoom dan google meet serta instrumen pembelajaran berupa handphone dan laptop. (2) Pelaksanaan pembelajaran pada saat Covid-19 di SMKN 1 Pinrang dilakukan dengan pembelajaran daring yaitu dengan memanfaatkan beberapa aplikasi sebagai sarana pembelajaran seperti Google Video, Google Meet, Google Formulir, Classroom dan Zoom. (3) Hasil belajar peserta didik di SMK Negeri 1 Pinrang mengalami penurunan. Hal ini terjadi karena dalam proses pembelajaran daring, penggunaan aplikasi WhatsApp tidak optimal dalam memberikan pemahaman materi kepada peserta didik. Akibatnya, peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami pembelajaran sehingga minat belajar peserta didik menurun.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | konstruksi, manajemen, kurikulum, guru, siswa. |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | magang user |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 08:47 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 08:47 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6511 |
Actions (login required)
View Item |