Faisal, Fathurrahman (2023) Analisis Strategi Pemasaran Produk Deposito Bank Syariah Indonesia KCP Barru dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
18.2300.042.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Perbankan syariah pada dasarnya merupakan bagian dari ekonomi Islam. Berbagai permasalahan yang dihadapi Bank Syariah Indonesia terkhusus di KCP Barru dalam memasarkan berbagai produk termasuk produk depositonya yaitu persaingan dengan bank konvensional dan bank syariah lain yang juga memiliki produk deposito, beberapa masyarakat masih memahami perbankan sebatas tabungan biasa dan kredit semata sedangkan masih banyak produk-produk lain yang dapat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran produk deposito mudharabah Bank Syariah Indonesia dan upaya analisis SWOT dalam meningkatkan keunggulan bersaing di KCP Barru dalam pemasaran produk deposito mudharabah Bank Syariah Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemunian data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis melaui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian dan verifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: 1) Bank Syariah Indonesia KCP Barru telah melakukan berbagai strategi pemasaran menggunakan 7 komponen marketing mix dari indikator produk, aspek harga, kegiatan promosi dilakukan melalui berbagai media informasi. Bank Syariah Indonesia KCP Barru menawarkan layanan deposito online yang memudahkan nasabah melakukan transaksi dari mana saja. Dengan demikian, Bank Syariah Indonesia KCP Barru telah melakukan berbagai strategi pemasaran yang komprehensif untuk meningkatkan keunggulan bersaing dalam memasarkan produk Deposito Mudharabah. 2) Upaya analisis SWOT dalam pemasaran produk deposito mudharabah Bank Syariah Indonesia dalam meningkatkan keunggulan bersaing di KCP Barru menjadi langkah strategis untuk melihat kekuatan atau keunggulan produk deposito mudharabah Bank Syariah Indonesia, ancaman yang dihadapi, peluang dan kelemahannya. Hasil analisis tersebut menjadi bahan evaluasi bagi pihak Bank Syariah Indonesia KCP Barru untuk menetapkan strategi lanjutan dalam upaya mencapai tujuan, visi dan misi Bank Syariah Indonesia KCP Barru. Penulis merekomendasikan agar menerapkan kampanye pemasaran yang lebih kreatif dan efektif dan meningkatkan kerjasama dengan mitra-mitra strategis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasran, Produk, Desposito Mudharabah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: magang user
Date Deposited: 02 Aug 2024 08:45
Last Modified: 02 Aug 2024 08:45
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6508

Actions (login required)

View Item View Item