Syamsi, Nur (2024) Analisis Pengelolaan Dana Bos Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Uptd Sd Negeri 81 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.1900.012.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Dana BOS merupakan proram bantuan pemerintah yang digunakan untuk biaya operasional non personalia satuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pengelolaan dana BOS di UPTD SD Negeri 81 Parepare. Untuk mendiskripsikan pemanfaatan dana BOS dalam meningkatkan mutu pembelajaran di UPTD SD Negeri 81 Parepare. Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dengan melakukan observasi, dokumentasi dan wawancara kepada subjek penelitian dengan uji keabssahan menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, triangulasi waktu. Teknis analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verivikasi data. Hasil penelitian menunjukan; 1) Pengelolaan dana BOS di UPTD SD Negeri 81 Parepare telah dilkasanakan berdasarkan juknis BOS Tahun 2022. Ada beberapa kendala dalam pengelolaan dana BOS yaitu proses penyaluran dana BOS yang mengalami keterlambatan, masih kurangnya anggaran dana BOS untuk memenuhi kebutuhan sekolah dan yang terakhir kurangnya pengetahuan serta pengalaman bendahara dalam penyusunan laporan pertanggungjawaban dana BOS. 2) Penggunaan dana BOS dalam meningkatkan mutu pembelajaran dilakukan berdasarkan RKAS yang telah dibuat. Meski demikian untuk meningkatkan mutu pembelajaran anggaran dana BOS masih dianggap kurang. Berdasarkan RKAS dana BOS UPTD SD Negeri 81 Parepare, tidak ada dana BOS yang diperuntukkan untuk standar kompetensi lulusan namun hanya fokus pada 7 standar lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, dana BOS, mutu pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: magang user
Date Deposited: 05 Aug 2024 01:39
Last Modified: 05 Aug 2024 01:39
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6491

Actions (login required)

View Item View Item