Nurhidayat, Firman (2024) Model Pembinaan Satri dalam Meningkatkan Kompetensi Daiyah Pondok Pesantren DDI Lilbanat (Perspektif Manajemen Pendidikan Islam). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
17.1900.012 FIRMAN NURHIDAYAT.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji model pembinaan santri di Pondok pesantren DDI Lilibanat, model pembinaan dalam meningkatkan kompetensi daiyah pada santri tersebut dapat meningkatkan kompetensi yang harus dimiliki oleh pembina. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Fokus penelitian yaitu dengan meneliti dan mengumpulkan data serta melakukan wawancara kepada para pembina dan santri di Pondok Pesantren DDI Lilibanat. Tehnik yang digunakan untuk pegambilan data adalah wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembinaan santri untuk meningkatkan kompetensi daiyah santri di pondok pesantren DDI Lilbanat, yakni: Model Klasik, Model Modern, Model Berbasis Praktik dan Model Kemandirian. Keseluruhan model tersebut menggunakan fungsi manajemen mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dengan meniru gaya manajemen Anre Gurutta KH. Abd. Rahman Ambo Dalle. Impelementasi model pembinaan di pondok pesantren DDI Lilbanat berdampak pada peningkatan kompetensi daiyah dalam bentuk pengetahuan agama, umum, dan ekstrakulikuler. Sehingga dengan adanya implikasi model pembinaan yang beragam, maka santri memiliki Kompetensi Daiyah, berupa: kompetensi personal santri yakni dengan adanya akhlakul karimah santri, komptensi sosial yakni santri yang memiliki kompetensi simpati dan empati di masyarakat, kompetensi subtantif (santri yang mengamalkan dan mempraktikkan ilmu yang dimiliki serta kompetensi metodologis (santri yang menguasari teori/ilmu yang dimiliki. Dalam keseluruhan, penerapan model pembinaan santri di pondok pesantren memiliki dampak positif yang luas dalam membentuk generasi muda yang beriman, berakhlak mulia, berpengetahuan luas, dan siap berkontribusi bagi kemajuan masyarakat dan negara.”
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembinaan, Pola Pembinaan, Kompetensi Da’iyah. |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | magang user |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 03:45 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 03:45 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6483 |
Actions (login required)
View Item |