Risma, Risma (2023) Pengaruh Manajemen Kelas terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas VIII UPTD SMP Negeri 1 Papepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
17.1619.004.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (16MB)

Abstract

Manajemen kelas ialah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik guna menciptakan, memelihara dan mengembangkan suasana belajar yang kondusif.. Minat belajar menurut Nurhasanah dan Sobandi ialah sikap ketaatan pada kegiatan belajar, baik menyangkut perencanaan jadwal belajar maupun inisiatif melakukan usaha tersebut dengan sungguh-sungguh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran manajemen kelas di UPTD SMPN 1 Parepare, bagaimana gambaran minat belajar peserta didik di UPTD SMPN 1 Parepare serta untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh manajemen kelas terhadap minat belajar peserta didik di kelas VIII UPTD SMPN 1 Parepare. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh Peserta didik kelas VIII UPTD SMPN 1 Parepare. Sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 75 orang dengan menggunakan teknik pengambilan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Untuk mendapatkan data variabel manajemen kelas (X) dengan menggunakan angket skala likert dan untuk mendapatkan data variabel minat belajar (Y) angket skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis infrensial. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) gambaran manajemen kelas berada pada kategori tinggi dengan nilai persentase yaitu 74%. (2) Gambaran minat belajar berada pada kategori tinggi dengan nilai persentase yaitu 75%. (3) Berdasarkan hasil analisis data angket diperoleh t hitung = 4.064 > t tabel = 2242 pada taraf signifikan 0.05, maka dikatakan bahwa H0 ditolak, dan Ha diterima. Sehingga terdapat pengaruh positif yang signifikan antara manajemen kelas dengan minat belajar. Kontribusi yang disumbangkan variabel manajemen kelas(X) terhadap variabel minatbelajar (Y) = 18,5%, berarti bahwa 81,5% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diamati dalam penelitian ini Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh manajemen kelas terhadap minat belajar peserta didik kelas VIII UPTD SMP Negeri 1 Parepare.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kelas, Minat Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: magang user
Date Deposited: 02 Aug 2024 03:43
Last Modified: 02 Aug 2024 03:43
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6482

Actions (login required)

View Item View Item