Anggriana, A.Jurana (2023) Pemberdayaan Anak Jalanan oleh Rumah Belajar Cinta Damai di Kecamatan Ujung Kota Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (FULL TEXT)
19.3500.005.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Adanya permasalahan anak jalanan yang terjadi di Kota Parepare dimana anak berjualan tisu di jalanan karena ingin membantu sekaligus disuruh orang tuanya. Hal ini, menyebabkan mereka tidak memperoleh haknya sebagai anak yaitu hak dalam berpendidikan, maka dibutuhkan pihak yang menangani masalah tersebut. Rumah Belajar Cinta Damai adalah komunitas yang berkecimpung dalam pemberdayaan anak jalanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan yang dilakukan Rumah Belajar Cinta Damai dalam upaya pemberdayaan anak jalanan serta untuk mengetahui bentuk-bentuk program pemberdayaan yang dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penulis menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam proses pengumpulan data. Adapun teori yang digunakan yaitu Teori Peran dan Tindakan Sosial Max Weber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan yang dilakukan Rumah Belajar Cinta Damai dalam upaya pemberdayaan anak jalanan yaitu memberikan wadah bagi anak jalanan mengembangkan potensinya melalui program literasi, pendidikan akhlak serta penghubung dengan jaringan sosial yakni Mahasiswa/Alumni juga Dosen IAIN Parepare, Mahasiswa BKP UNM, Puspaga Parepare, dan Seniman Batik Rahayu, Partinah. Adapun bentuk-bentuk pemberdayaan yang dilakukan Rumah Belajar Cinta Damai yaitu program di bidang pendidikan, agama, ekonomi, dan kesehatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemberdayaan, Anak Jalanan. |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Sosiologi Agama |
Depositing User: | magang user |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 08:20 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 08:20 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6425 |
Actions (login required)
View Item |