Ameliah, Nurlaela (2023) Pengaruh Pembelajaran IPS Terhadap Peningkatan Kepekaan Sosial Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 33 Barru. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
18.1700.048.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran IPS, untuk mengetahui peningkatan kepekaan sosial, dan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran IPS terhadap peningkatan kepekaan sosial. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menjelaskan pengukuran skala likert 40% berada pada kategori baik. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, angket/kuisioner, dan dokumentasi adapun teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses pelaksanaan pembelajaran IPS yang dinilai berdasarkan indikator: pemahaman materi peserta didik, pencapaian tujuan pembelajaran, dan aktivitas peserta didik. Dimana nilai angket rata-rata 30 orang peserta didik dalam proses pelaksanaan pembelajaran IPS adalah 3 (43%), dan berdasarkan skala penilaian angket nilai tersebut dikategorikan Baik; 2) Peningkatan kepekaan sosial yang dinilai berdasarkan indikator: empati, kepedulian sosial, kesadaran diri, dan menghargai. Dimana kepekaan sosial berdasarkan angket rata-rata 30 orang peserta didik yang menunjukkan sikap kepekaan sosial adalah 3 (43%) dan berdasarkan skala penilaian angket nilai tersebut dikategorikan Baik; 3) Pengaruh pembelajaran IPS terhadap peningkatan kepekaan sosial, dimana dari hasil pengujian signifikansi (uji t) menunjukkan bahwa pembelajaran IPS berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kepekaan sosial sebesar 87,2% apabila proses pembelajaran IPS brlangsung dengan baik dan optimal maka kepekaan social peserta didik juga akan semakin baik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Pembelajaran IPS, Peningkatan Kepekaan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 07:07 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 07:07 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6419 |
Actions (login required)
View Item |