Ramadani, Andi Nur (2023) Internalisasi nilai pappaseng sebagai upaya penanaman karakter peserta didik dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
18.1700.044.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Pappaseng merupakan suatu pesan atau naseha dari petuah-petuah orang bijak yang biasanya berisikan tentang pedoman untuk menjalani kehidupan yang baik kemudian diwariskan secara turun temurun. Pappaseng menjadi sebuah pesan yang berisikan berbagai nilai berbentuk manuskrip yang mengajarkan tentang pemberian tuntunan hidup kepada masyarakat agar menjadi manusia berkarakter baik dalam semua dimensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penginternalisasian nilai pappaseng pada pembelajaran IPS di UPTD SMP Negeri 1 Parepare. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan dalam mengumpulkan data mengggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dikemukakan bahwa terdapat 6 nilai-nilai pappaseng yangditanamkan pada pembelajaran IPS di UPTD SMP Negeri 1 Parepare yakni nilai akkeagamang, nilai lempu, nilai warani, nilai siri, nilai sipakatau, dan nilai getteng. Adapun 2 faktor yang dapat mempengaruhi internalisasi nilai papapseng dalam pembelajaran IPS yaitu faktor pendukung berasal dari materi pembelajaran IPS relevan dengan nilai pappaseng, poin kompetensi dasar pada bagian nilai sikap sejalan dengan nilai-nilai pappaseng, pada umumnya peserta didik berasal dari suku bugis, Guru dan peserta didik menghafal lagu-lagu bugis yang berisi nilai-nilai. Faktor penghambat penginternalisasian Pappaseng dalam pembelajaran IPS yaitu guru belum melakukan perencanaan penginternalisasian nilai pappaseng dalam RPP, dan guru menyampaikan nilai pappaseng dalam bahasa indonesia. Penginternalisasian nilai pappaseng pada pembelajaran IPS dilakukan dengan cukup baik oleh guru melalui berbagai metode dan materi pembelajaran IPS yang relevan dengan pappaseng yang dilakukan secara spontan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pappaseng, Penanaman Karakter, Pembelajaran IPS |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 06:57 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 06:57 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6417 |
Actions (login required)
View Item |