Adhayani, Lisa (2023) Pengaruh Project Based Learning terhadap motivasi Belajar IPS peserta didik pada pembelajaran IPS kelas IX di SMP Negeri 10 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.1700.039.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan agar peneliti mengetahui motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMP Negeri 10 parepare kelas IX dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learnig. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah jenis penelitian survey dengan metode kuntitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari seluruh populasi kelas IX SMPN 10 Parepare yang terdiri dari 200 peserta didik. Untuk menentukan jumlah sampel peneliti menggunakan rumus Isaac dan Michael, dengan sampel sebanyak 132 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, statistik Inferensial, uji instrument penelitian, dan uji hipotesis dengan menggunakan program SPSS 22 for windowas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model project based learning pada peserta didik kelas IX SMP Negeri 10 Parepare termasuk dalam kategori baik yaitu (65 % dari kriterium yang ditetapkan), (2) Motivasi Belajar pada peserta didik kelas IX SMP Negeri 10 Parepare termasuk dalam kategori cukup (57% dari kriterium yang ditetapkan), dan (3) Terdapat pengaruh yang signifikan dengan model project based learning terhadap motivasi belajar peserta didik kelas XI SMP Negeri 10 Parepare. Dengan signifikansi 0,015 < 0,05 dan nilai r2 0,058 atau 5,8%, artinya motivasi belajar peserta didik dipengaruhi sebesar 0,58% oleh model project based learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 30 Jul 2024 06:45
Last Modified: 30 Jul 2024 06:45
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6415

Actions (login required)

View Item View Item