Astrina, Nur (2022) Strategi Pengembangan objek wisata pantai lowita center di desa Tasiwalie Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.93202.037.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Strategi pengembangan objek wisata adalah pengembangan destinasi wisata di dalamnya mencakup perencanaan, implementasi serta evaluasi dengan maksud untuk mengembangkan sebuah objek wisata mengenai perencanaan kedepannya apakah sudah sesuai dengan hasil yang diinginkan serta menerapkan prinsip- prinsip syariah dan krateristik pariwisata syariah. Penelitian ini membahas tentang strategi pengembangan objek wisata pantai dengan menggunakan perspektif pariwisata syariah berdasarkan rumusan masalah. yaitu (1) bagaimana strategi pengembangan objek wisata pantai lowita center (2) bagaimana implementasi pengembangan objek wisata pantai lowita center (3) bagaimana evaluasi pengembangan objek wisata pantai lowita center. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif, jenis data primer dan skunder yang diperoleh oleh observasi, wawancara, dan dakumentasi. Sedangkan teknik pengelohan data yaitu teknik observasi, teknik wawancara (interview), dan teknik dokumentasi. Adapun fokus penelitian ini adalah memfokuskan pada strategi pengembangan objek wisata pantai lowita center, dengan penerapan prinsip-prinsip dan krateristik pariwisata syariah. Hasil penelitian bahwa dalam strategi pengembangan objek wisata persepektif pariwisata syariah harus dengan 1) meningkatkan sarana dan fasilitas 2) mewujudukan kepusan pelanggan dan 3) penerapan prinsip-prinsip pariwisata. syariah, setelah melakukan perencanaan di awal perluh diimplementasikan dalam pengembangan objek wisata pantai lowita center, adapun beberapa strategi yang digunakan dalam mengimplementasikan objek wisata yakni 1) strategi produk 2) strategi price 3) strategi place 4) strategi promosi. Tahap selanjutnya adalah tahap evaluasi yang didalamnya untuk mengetahui kendala-kendala apa saja yang harus ditingkatkan dan pelayanan apa serta kualitas yang harus sesuai dengan standar walaupun ada beberapa kendala seperti sarana dan fasilitas yang belum memadai media promosi yang belum tersebar luas ke kalangan masyarakat dan lain-lain. Ini bisa dijadikan sebagai patokan dalam mengembangkan destinasi dengan mengavalusi objek wisata supaya bisa dikembangang menjadi destinasi wisata yang berkembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: strategi pengembangan, objek wisata
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Pariwisata Syariah
Depositing User: magang user
Date Deposited: 30 Jul 2024 07:09
Last Modified: 30 Jul 2024 07:09
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6414

Actions (login required)

View Item View Item