Rany, Risty (2023) Pengaruh Kondisi Sosial Orang Tua Terhadap Intensitas Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 10 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.1700.034.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Intensitas belajar sangat berpegaruh terhadap prestasi belajar peserta didik, dengan semakin tingginya intensitas belajar maka akan semakin baik pula prestasi belajar peserta didik begitu juga sebaliknya, jika intensitas belajar semakin rendah maka prestasi belajar peserta didik semakin berkurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji gambaran keadaan sosial orang tua peserta didik dan gambaran intensitas belaajr peserta didik serta menganalisis pengaruh antara kondisi sosial orang tua dengan intensitas belajar peserta didik SMP Negeri 10 Parepare. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini sebanyak 169 peserta didik dengan sampel sebanyak 117 peserta didik dipilih menggunakan rumus Isaac dan Micheal. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu angket, dokumentasi, dan observasi. Adapun teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis data deskriftif dan statistif inferensial. Hasil penelitian menunjukkan (1) Kodisi sosial orang tua peserta didik kelas VIII SMP Negeri 10 Parepare termasuk dalam kategori rendah (62 % dari kriterium yang ditetapkan), (2) Intensitas belajar pserta didik kelas VIII SMP Negeri 10 Parepare termasuk dalam kategori sedang (77% dari kriterium yang ditetapkan), dan (3) Pengaruh antara keadaan sosial orang tua dengan intensitas belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 10 Parepare. Dengan signifikansi 0,015 < 0,05 dan nilai r2 0,051 atau 5,1%, artinya intensitas belajar dipengaruhi sebesar 5,1% oleh keadaan sosial orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kondisi Sosial Orang Tua, Intensitas Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 30 Jul 2024 05:25
Last Modified: 30 Jul 2024 05:25
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6411

Actions (login required)

View Item View Item