Hasmah, Sitti (2023) Pengaruh Keteladanan Guru IPS Terhadap Perilaku Sosial Peserta Didik Di MTs Muhammadiyah Kab.Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.1700.029.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keteladanan guru IPS terhadap Perilaku Sosial Peserta Didik di MTs Muhammadiyah Kab.Pinrang.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif survei (Survey Research).Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket dan teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriktif, statistik inferensial, uji instrumen penelitian, dan uji hipotesis menggunakan program SPSS 26 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Keteladanan guru IPS termasuk kategori sangat tinngi dengan angka persentase yaitu 95% dari kriteria pengujian yang ditetapkan berdasarkan nilai probabilitas α=5%; (2) Perilaku sosial peserta didik termasuk kategori tinggi dengan angka persentase 87% dari kriteria pengujian yang ditetapkan berdasarkan nilai probabilitas α=5%; (3) Terdapat pengaruh yang signifikansi keteladan guru IPS dan perilaku sosial peserta didik yang dibuktikan melalui hasil analisis data dari angket dengan nilai signifikansi = 0,000 < 0,05 atau nilai = thitung= 4.39 > Ttabel 1.45 pada taraf signifikansi 5%. Besarnya pengaruh keteladanan guru IPS terhadap perilaku sosial peserta didik adalah sebesar 0,250 atau 25%, yang berarti bahwa 75% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak di amati dalampenelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keteladanan Guru, dan Perilaku Sosial Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 30 Jul 2024 05:18
Last Modified: 30 Jul 2024 05:18
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6409

Actions (login required)

View Item View Item