Hasmah, Sitti (2023) Pengaruh Keteladanan Guru IPS Terhadap Perilaku Sosial Peserta Didik Di MTs Muhammadiyah Kab.Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
18.1700.029.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keteladanan guru IPS terhadap Perilaku Sosial Peserta Didik di MTs Muhammadiyah Kab.Pinrang.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif survei (Survey Research).Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket dan teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriktif, statistik inferensial, uji instrumen penelitian, dan uji hipotesis menggunakan program SPSS 26 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Keteladanan guru IPS termasuk kategori sangat tinngi dengan angka persentase yaitu 95% dari kriteria pengujian yang ditetapkan berdasarkan nilai probabilitas α=5%; (2) Perilaku sosial peserta didik termasuk kategori tinggi dengan angka persentase 87% dari kriteria pengujian yang ditetapkan berdasarkan nilai probabilitas α=5%; (3) Terdapat pengaruh yang signifikansi keteladan guru IPS dan perilaku sosial peserta didik yang dibuktikan melalui hasil analisis data dari angket dengan nilai signifikansi = 0,000 < 0,05 atau nilai = thitung= 4.39 > Ttabel 1.45 pada taraf signifikansi 5%. Besarnya pengaruh keteladanan guru IPS terhadap perilaku sosial peserta didik adalah sebesar 0,250 atau 25%, yang berarti bahwa 75% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak di amati dalampenelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keteladanan Guru, dan Perilaku Sosial Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 05:18 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 05:18 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6409 |
Actions (login required)
View Item |