Indah, Indah (2022) Pengaruh Model Blended Learning dan Intelegensi terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Parepare (dibimbing langsung. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
18.1700.019.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Pembelajaran model blended learning merupakan sebuah model pembelajaran yang mengkombinasikan antara pembelajaran online dengan pembelajaran offline. Penggunaan teknologi dalam kehidupan manusia khususnya pada dunia pendidikan dapat mempermudah suatu proses pembelajaran sehingga lebih efektif dan efisien. Dengan adanya bantuan teknologi pada proses pembelajaran model blended ini, peserta didik cenderung lebih mandiri. Kemandirian belajar peserta didik merupakan sikap dan perilaku peserta didik untuk melakukan pembelajaran secara aktif, tidak tergantung pada orang lain, serta bertanggungjawab. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model blended learning terhadap kemandirian belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di SMP Negeri 1 Parepare. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner (angket) dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan statistik inferensial. Hasil hipotesis dengan menggunakan uji regresi sederhana variabel model blended learning dengan kemandirian belajar peserta didik sebesar T hitung = 7,309 dan T tabel = 2,011, karena nilai T hitung > T table maka artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara model blended learning dengan kemandirian belajar peserta didik dan hasil hipotesis variabel intelegensi dengan kemandirian belajar peserta didik sebesar T hitung = dan 6,193 T tabel = 2,011 oleh karena T hitung > T tabel maka artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara intelegensi terhadap kemandirian belajar siswa. Sedang variabel model blended learning (X1) dan intelegensi (X2) dengan kemandirian belajar siswa (Y) sebesar F hitung = 43,368 dan F tabel = 3,19, oleh karena F hitung > F tabel maka artinya terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara model blended learning dan intelegensi terhadap kemandirian belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 1 Parepare.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Blended Learning, Intelegensi, Kemandirian Belajar Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 01:54 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 01:54 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6395 |
Actions (login required)
View Item |