Jamila, Jamila (2023) Pengaruh Kreativitas Guru dalam Pembelajaran IPS Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII di UPTD SMP Negeri 1 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
18.1700.0017.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Kreativitas guru adalah suatu kemampuan seorang guru yang ditandai dengan adanya kecenderungan dalam mengembangkan ide-ide baru atau hal hal yang sudah ada sebelumnya, baik itu berupa gagasan, maupun karya nyata, ataupun produk baru yang dapat digunakan oleh seseeorang guru dalam memecahakan suatu masalah pendidikan Sedangkan motivasi adalah suatu daya penggerak yang dapat mendorong seseorang untuk melalukan suatu aktivitas belajar dalam hal mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kreativitas guru dalam pembelajaran IPS terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VIII di UPTD SMP Negeri 1 Parepare. Jenis penelitian yang digunakan adalah Ex post facto dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas VIII di UPTD SMP Negeri 1 Parepare yang terdiri dari 292 peserta didik. untuk menentukan jumlah sampel penelitian menggunakan rumus slovin, dengan sampel sebanyak 169 peserta didik. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, statistik inferensial, uji instrument penelitian, dan uji hipotesis dengan rumus regresi linear sederhana dengan bantuan SPSS 26 for windos Hasil penelitian ini menujukkan bahwa: 1) Kreativitas guru dalam pembelajaran IPS diperoleh nilai sig Sig (2-tailed) = 0,000 yang berarti < 0,05 sehingga H_0 ditolak dan H_1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kreativitas guru termasuk kategori tinggi yaitu 86%. 2) Motivasi belajar peserta didik diperoleh nilai Sig (2-tailed) = 0,000 yang berarti < 0,05 sehingga H_0 ditolak dan H_1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar termasuk kategori tinggi yaitu 87%. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kreativitas guru dalam pembelajaran IPS terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VIII di UPTD SMP Negeri 1 Parepare, pada hasil output di atas diperoleh nilai signifikansi = 0.000 < 0.05, kemudian nilai koefisien korelasi sebesar 25,2%. Maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh kreativitas guru dalam pembelajaran IPS (X) terhadap motivasi belajar (Y) sebesar 25,2%, sedangkan 74,8% dipengaruhi oleh faktor variabel lain yang tidak diteliti oleh penulis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas Guru dan Motivasi Belajar Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 01:30 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 01:30 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6393 |
Actions (login required)
View Item |