Anita, Anita (2023) Strategi Guru IPS Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik Kelas VII.1 di SMPN 8 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
18.1700.016.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan Strategi guru IPS dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik kelas VII di SMPN 8 Parepare. Adapun permasalahan yang diteliti oleh peneliti yaitu kondisi kesulitan belajar peserta didik, kendala yang dialami guru IPS dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik, dan strategi yang digunakan guru IPS dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik. Adapun kondisi kesulitan belajar peserta didik kelas VII.1 di SMPN 8 Parepare terdapat peserta didik kesulitan dalam memahami materi, kurangnya minat belajar peserta didik, kesulitan lainnya yaitu peserta didik kurang memahami penjelasan yang diberikan oleh guru IPS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Fokus penelitian ini berfokus pada Guru IPS dan Peserta Didik. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan teknik analisa data yaitu mengolah data menjadi informasi baru, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Kondisi kesulitan belajar yang dialami peserta didik yaitu kurangnya minat belajar peserta didik, peserta didik malas belajar, dan Peserta didik merasa bosan karena metode pembelajaran yang monoton 2. Kendala yang di alami guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik yaitu a) Pemahaman karakteristik peserta didik. b) Pengelolaan kelas. c) Degradasi moral dan perilaku siswa. d) Ketidaksiapan dalam membuat model pembelajaran. 3. Strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik yaitu strategi inquiry dan strategi kooperatif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Guru, Kesulitan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 29 Jul 2024 07:38 |
Last Modified: | 29 Jul 2024 07:38 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6389 |
Actions (login required)
View Item |