Sartika, Dewi (2023) Tinjauan Pendidikan Terhadap Tradisi Je’ne-Je’ne Sappara Di Desa Balangloe Kecamatan Tarowang Kabupateng Jeneponto. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.1700.006.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah memeberikan Pemahaman kepada masyarakat tentang struktur acara je’ne-je’ne sappara di desa balangloe kecamatan tarowang kabupateng jeneponto serta menyarankan bagaimana masyarakat memaknai pelaksanaan acara tersebut. Tradisi Je'ne-je'ne sappara berlangsung selama seminggu, acara tahunan yang puncaknya pada tanggal 14 safar tahun hijriah, yang diyakini masyarakat sebagai tradisi untuk melindungi diri. berbagai bencana. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologis. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian di kemukakan bahwa Tradisi je'ne-je'ne sappara terdapat beberapa ritual yakni, Appasempa, A’lili, Patoeng, A’rurung Kalompoang, Dengkapada, Pakarena,parabbana, Pagambusu, Pa Pui’pui, Paolle, Akaraga, Esensi tradisi je’ne-je’ne sappara di Desa Balangloe, setiap ritual dalam Tradisi Je’ne-Je’ne Sappara memiliki esensi tersendiri dan dimaknai oleh masyarakat setempat khusunya di Desa Balangloe, yang hingga saat ini masih dilestarikan, Nilai-nilai pendidikan sosial dalam Tradisi Je’ne-Je’ne Sappara di Desa Balangloe, setiap ritual dalam Tradisi ini memiliki nilai-nilia sosial seperti, solidaritas, gotong royong, silaturahmi,tanggung jawab,kerja keras, rasa kebersamaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Sosial dan Tradisi Je’ne-je’ne sappara
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 29 Jul 2024 06:35
Last Modified: 29 Jul 2024 06:35
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6372

Actions (login required)

View Item View Item