Nurhayati, Nurhayati (2023) Analisis Kesulitan Guru IPS Dalam Menerapkan Kurikulum 2013 Di MTS Darul Ilmi Sampoang Kabupaten Mamuju. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.1700.003.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan yang dialami guru IPS dalam menerapkan Kurikulum 2013 di MTS Darul Ilmi Sampoang Kabupaten Mamuju. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, kualitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian studi kasus yaitu dengan melakukan obeservasi dan menggunakan instrument wawancara dalam melaksanakan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya kesulitan guru IPS dalam menerapkan kurikulum 2013 pada tiga aspek yaitu, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Aspek perencanaan pembelajaran guru IPS mengalami kesulitan menganalisis silabus, dan pembuatan RPP seperti mengembangkan kegiatan pembelajaran, pada aspek pelaksanaan pembelajaran guru IPS mengalami kesulitan dalam penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran dan penyediaan sarana dan prasarana yang digunakan dalam pembelajaran, sedangkan pada aspek evaluasi pembelajaran guru IPS kewalahan dalam pelaksanaan penilaian dan mengelolah penilaian karena terlalu banyak aspek yang dinilai pada kurikulum 2013. Upaya yang harus dilakukan pihak sekolah dalam mengatasi kesulitan tersebut yaitu melaksanakan pelatihan / workshop yang diadakan pihak sekolah, sasaran utama dari pelatihan tersebut yaitu guru-guru bidang studi. Upaya yang harus guru IPS dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu mencari informasi pembelajaran dari berbagai sumber untuk mendukung proses pembelajaran. Pada aspek evaluasi pembelajaran upaya yang harus dilakukan oleh guru IPS yaitu dalam melaksanakan pembelajaran sebaiknya guru tidak hanya menjelaskan teori pembelajaran saja tetapi diselingi dengan praktek berdiskusi yang akan menilai sikap kerja sama dan tanggung jawab siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Kesulitan, Guru IPS, Kurikulum 2013
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 29 Jul 2024 05:52
Last Modified: 29 Jul 2024 05:52
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6367

Actions (login required)

View Item View Item