Fahmi, Muh (2023) Pengaruh Media Whatsapp Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 4 Patampanua Kab. Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.62202.004.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Whatsapp absensi sekolah. Jika setiap kegiatan belajar dilakukan dengan menggunakan media whatsapp maka hasil belajar peserta didik akan ada beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik yaitu faktor dari diri peserta didik yang meliputi fisiologis dan psikologis peserta didik, kemudian faktor dari luar peserta didik yang meliputi lingkungan dan instrumental. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain ex post facto. Adapun sampel penelitian ini sebanyak 59 peserta didik dan 146 peserta didik yang menjadi populasi dalam pengambilan sampel peneliti dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengambilan data yaitu angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis infrensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penggunaan media whatsapp di SMP Negeri 4 Patampanua Kab. Pinrang termasuk kategori sedang yaitu 0,7807 atau 78,07% dengan nilai sig = 0.000<α=0.05, maka H_0ditolak. (2) Hasil belajar mata pelajaran IPS peserta didik di SMP Negeri 4 Patampanua di Kab. Pinrang termasuk kategori yang tinggi yaitu 0,8988 atau 89,88% dengan nilai sig = 0.000<α=0.05 maka H_0ditolak. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan media whatsapp terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS peserta didik di SMP Negeri 4 Patampanua. Hal tersebur ditunjukkan dengan hasil persamaan regresi Y = 64,323 + 0,265 X, koefisien korelasi (xy) sebesar 0, 380 dan diketahui R Square sebesar 0,145. Nilai tersebut berarti bahwa besarnya kontribusi Pengaruh Media Whatsapp (X) terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Peserta Didik (Y) sebesar 14,5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Whatsapp, Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 29 Jul 2024 03:39
Last Modified: 29 Jul 2024 03:39
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6365

Actions (login required)

View Item View Item