Muslimah, Muslimah (2022) Penerapan Pendekatan Somatik, Auditory, Visual dan Intelektual untuk meningkatkan pembelajaran IPA materi gaya pada peserta didik kelas VIII MTs Pondok Pesantren Al Urwatul Wutsqaa Benteng. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Fuyll Text] Text (Fuyll Text)
18.84206.035.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Dalam meningkatkan pembelajaran IPA hal yang harus dilakukan guru yaitu dengan menerapkan pendekatan pembelajaran yang tidak membuat siswa merasa bosan seperti menerapkan pendekatan SAVI. Penerapan pendekatan Somatik, Auditory, Visual dan Intelektual merupakan suatu pendekatan yang melibatkan indra pada tubuh yang mendukung pembelajaran, belajar dengan bergerak aktif secara fisik, dengan memanfaatkan indra sebanyak mungkin, dan membuat seluruh tubuh atau pikiran terlibat dalam proses belajar Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dan teknik mengumpulkan data yang digunakan yaitu Observasi, Dokumentasi dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik Analisis data yang digunakan yaitu metode kualitatif dan metode kuantitatif. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan Pendekatan SAVI yang diterapkan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil pembelajaran IPA materi gaya di kelas VIII MTs Pondok pesantren Al urwatul Wutsqaa Benteng yang dilakukan selama dua siklus dapat dikatakan meningkat. Hal ini dilihat dari persentase rata-rata hasil belajar peserta didik setelah diterapkan pendekatan SAVI yaitu siklus I sebesar 67,5% dan siklus II sebesar 90%, selisih di antara keduanya adalah 22,5%. Keberhasilan penerapan pendekatan SAVI juga ditentukan dari perubahan aktivitas peserta didik saat mengikuti pelajaran .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Pembelajaran IPA, Pendekatan SAVI
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris IPA
Depositing User: magang user
Date Deposited: 29 Jul 2024 03:41
Last Modified: 29 Jul 2024 03:41
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6363

Actions (login required)

View Item View Item