ASRIYUNI, ASRIYUNI (2023) Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Literasi Islam dengan Pendekatan Saitifik pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Kelas VIII MTs SA PP Nurul Ilmi Barukku Kab. Sidrap. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.84206.030.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (19MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini untuk mengetahui (1) Bagaimana proses pengembangan modul pembelajaran IPA berbasis literasi Islam dengan pendekatan saitifik pada materi sistem ekskresi manusia kelas VIII MTs SA PP Nurul Ilmi Barukku. (2) kelayakan modul pembelajaran IPA berbasis literasi Islam dengan pendekatan saitifik pada materi sistem ekskresi manusia kelas VIII MTs SA PP Nurul Ilmi Barukku. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan Atwi Suparman dengan tahapan (1) mengidentifikasi kebutuhan instruksional dan menulis tujuan instruksional umum, (2) melakukan analisis instruksional, (3) mengidentifikasi perilaku dan karakteristik awal peserta didik, (4) menulis tujuan instruksional khusus, (5) menyusun alat penilaian hasil belajar, (6) menyusun strategi instruksional, (7) mengembangkan bahan instruksional, dan (8) menyusun desain dan melaksanakan evaluasi formatif. Berdasarkan hasil analisis data pada evaluasi formatif untuk mengetahui kelayakan modul yang dikembangkan. Evaluasi formatif dilakukan oleh expert review sebanyak empat ahli: (1) 2 Ahli materi sebesar 96,68% (sangat layak) (2) Ahli bahasa sebesar 90% (sangat layak), (3) Ahli literasi Islam sebesar 87,5% (sangat layak) (4) 2 Ahli media sebesar 94,88% (sangat layak). Setelah expert review dilakukan uji coba kepada 27 responden peserta didik kelas VIII MTs Nurul Ilmi Barukku.melalui tahap one to one, small group, field test. Tahap one to one dilakukan dengan teknik wawancara. Small group memperoleh hasil 95%, dan field test memperoleh hasil 98%, serta uji keefektifan produk melalui uji N-Gain sebesar 0,70 artinya efektifitas bahan ajar berada pada kategori tinggi. Oleh karena itu, modul pembelajaran IPA berbasis literasi Islam dengan pendekatan saintifik materi sistem ekskresi kelas VIII yang dihasilkan pada penelitian dan pengembangan ini memperoleh kriteria layak digunakan sebagai bahan ajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Modul, Literasi Islam, Pendekatan Saintifik, Pembelajaran IPA, Sistem Ekskresi Manusia
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris IPA
Depositing User: magang user
Date Deposited: 29 Jul 2024 03:24
Last Modified: 29 Jul 2024 03:24
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6361

Actions (login required)

View Item View Item