Anto, Rezky (2023) Pola Asuh Orangtua Dalam Membina Akhlak Anak Pada Era Digital di Kelurahan Manarang Kecamatan Mattirobulu Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
18.3200.048.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini: Untuk Mengetahui Pola Asuh Orang Tua dalam Membina Akhlak Anak pada Era Digital dan Untuk Mengetahui Kendala Orang Tua dalam Membina Akhlak Anak pada Era Digital di Kelurahan Manarang Kecamatan Mattirobulu Kabupaten Pinrang. Metode Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan teknik pengumpulan data, yaitu dokumnetasi, observasi, dan wawancara. Adapun teknik analisis data yang digunakan, yaitu analisis data kualitatif model interaktif dari Miles dan Huberman yang terdiri dari: (a) reduksi data (b) penyajian data, dan (c) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pola asuh yang diterapkan oleh orang tua dalam pembinaan akhlak anak di Kelurahan Manarang Kecamatan Mattirobulu Kabupaten Pinrang adalah pola asuh otoriter, permisif, demokratis. Dari beberapa orang tua tersebut tidak hanya menggunakan satu pola asuh, tetapi menggabungkannya dengan beberapa pola asuh yang lain. Selain itu orang tua menggunakan metode dalam pembinaan akhlak anak yaitu metode pembiasaan, metode nasihat dan metode teladan yang baik. Adapun kendala yang dihadapi dalam proses pembinaan akhlak pada anak yaitu terbatasanya ilmu agama yang dimiliki orang tua, pendidikan terakhir orang tua, lingkungan, tidak adanya dukungan dari pasangan, waktu yang terbatas, faktor ekonomi dan faktor dari dalam diri anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pola Asuh; Akhlak; Era Digital |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | magang user |
Date Deposited: | 29 Jul 2024 03:23 |
Last Modified: | 29 Jul 2024 03:23 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6360 |
Actions (login required)
View Item |