Ameilia, Nur (2023) Efektivitas Pembelajaran E-learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Kelas VIII MTs Negeri 1 Sidenreng Rappang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
18.84206.012.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan tujuan penelitian untuk mengetahui Pembelajaran e-learning di MTs Negeri 1 Sidenreng Rappang, juga untuk mengetahui hasil belajar IPA Kelas VIII di MTs Negeri 1 Sidenreng Rappang, dan juga untuk mengetahui Efektivitas Pembelajaran e-learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Kelas VIII di MTs Negeri 1 Sidenreng Rappang. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, dimana dalam setiap siklusnya dilakukan dengan 3 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.D MTs Negeri 1 Sidenreng Rappang yang berjumlah 25 orang Peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukka bahwa Pembelajaran e-learning di MTs Negeri 1 Sidenreng Rappang masih tidak berjalan maksimal, karena kebanyakan guru hanya memberikan materi di group whatsApp dan menyuruh peserta didik untuk mencatat dan membaca materi tersebut, hal ini menyebabkan e-learning madrasah jarang digunakan. Terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik, pada tahap pra tindakan hasil rata-rata ketuntasan hasil belajar peserta didik adalah sebanyak 58.2 dengan presentase 40% pada siklus I Sebanyak 80.6 dengan presentase sebanyak 72% pada siklus II sebanyak 91.46 dengan presentase sebanyak 88%. Penggunaan media pembelajaran e-learning dalam proses pembelajaran efektif dalam peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VIII MTs Negeri 1 Sidenreng Rappang. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata aktivitas belajar peserta didik pada siklus I dan Siklus II mengalami peningkatan sebanyak 13.5%. hasil belajar peserta didik pada tahap pra tindakan dan Siklus I mengalami peningkatan sebanyak 32% sedangkan pada tahap Siklus I dan Siklus II meningkat sebanyak 16%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran e-learning, Hasil Belajar, Pelajaran IPA. |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris IPA |
Depositing User: | magang user |
Date Deposited: | 29 Jul 2024 03:18 |
Last Modified: | 29 Jul 2024 03:18 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6359 |
Actions (login required)
View Item |