Risnayanti, Risnayanti (2023) Penerapan Model Pembelajaran Learning By Game Terhadap Peningkatan Minat Belajar IPA Kelas VII MTs Negeri Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.84206.008.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (12MB)

Abstract

Model Pembelajaran Learning By Games merupakan model pembelajaran yang menggunakan media permaianan atau games untuk membantu dalam proses pembelajaran. Dengan menggunakan model pembelajaran ini saya dapat memberikan stimulus pada tiga bagian penting dalam pembelajaran yaitu emosional,, intelektual, dan psikomotorik. Penelitian ini merupakan Penelitian Deskriptif dengan pendekatan Kuantitatif. Adapun tujuan penelitian untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Learning By Games di MTs Negeri Parepare, juga untuk mengetahui minat belajar IPA Kelas VII di MTs Negeri Parepare. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII.2 MTs Negeri Parepare yang berjumlah 30 orang Peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data statistik deskriptif. Hasil analisis data penelitian data minat belajar peserta didik kelas VII.2 MTs Negeri Parepare termasuk dalam kategori siswa yang berminat dengan jumlah responden sebanyak 30 orang siswa. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti dengan jumlah item pernyataan sebanyak 7 soal dan jumlah sampel 30 orang peserta didik, maka diperoleh perhitungan minat dengan kategori peserta didik yang sangat berminat sebanyak 3 orang (10%), peserta didik yang berminat sebanyak 8 orang (27 %), peserta didik yang cukup berminat sebanyak 12 orang (40%), peserta didik yang kurang berminat sebanyak 7 (23%), dan peserta didik yang tidak berminat tidak ada (0%). Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran learning by games dapat meningkatkan aktivitas dan minat belajar peserta didik kelas VII.2 Madrasah Tsanawiyah Negeri Parepare.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Learning By Games, Minat Belajar, Pembelajaran IPA
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris IPA
Depositing User: magang user
Date Deposited: 29 Jul 2024 03:08
Last Modified: 29 Jul 2024 03:09
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6352

Actions (login required)

View Item View Item