Umar, Arief (2023) Strategi Guru IPS dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas VIII Di UPTD SMP Negeri 6 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
17.1700.021.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang Penelitian ini dilandasi oleh sebuah fenomena bahwa tidak semua pembelajaran akan mencapai tujuan yang diinginkan. Minat adalah salah satu faktor internal siswa yang sangat mempengaruhi keberhasilan pembelajaran. Minat yang tinggi akan belajar membuat siswa semangat dalam belajar dan dapat dengan mudah mencapai kompetensi yang akan dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru mempengaruhi minat belajar siswa dan faktor-faktor yang mempengaruhi upaya guru melakukannya. Penelitian ini bersifat kualitatif. Guru pendidikan IPS di SMP Negeri 6 Parepare menjadi subjek penelitian ini. Reduksi dan penyajian data digunakan selain observasi dan wawancara sebagai metode pengumpulan dan analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Guru pendidikan IPS SMP Negeri 6 Parepare menggunakan strategi pembelajaran kooperatif dengan menggunakan metode diskusi kelompok dan tanya jawab. Dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif menekankan pada pantauan guru untuk mengatur jalannya diskusi. Siswa lebih diarahkan agar apa yang mereka diskusikan dapat mencapai tujuan pembelajaran. Kegiatan berkelompok ini melatih siswa untuk bertanggung jawab dan menghargai pendapat yang dilontarkan teman-temannya, siswa dapat dengan mudah menerima dan memahami materi yang disajikan dan berpartisipasi dalam pembelajaran di kelas tanpa merasa bosan. (2) Ada dua faktor yang mempengaruhi minat belajar peseta didik, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal (batin) siswa seperti kesehatan rohani, dan faktor eksternal (dari luar diri) seperti (orang tua), sarana prasarana sekolah, dan lingkungan sekitar, keduanya mempengaruhi minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi, minat belajar, peserta didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 29 Jul 2024 01:59
Last Modified: 29 Jul 2024 01:59
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6342

Actions (login required)

View Item View Item