Upriani., Upriani. (2023) Penerapan Konsep Reward dan Punishment dalam Pembentukan Akhlak Terpuji pada Siswa di SMP Islam Al-Irsyad Tellu Limpoe Kabupaten Sidrap. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
17.3200.009.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Permasalah yang sering dialami peserta didik di SMP Islam Al-Irsyad ketika diterapkan konsep reward (penghargaan) dan punishment (hukuman) adalah adanya beberapa peserta didik yang tidak dapat memahami konsekuensi dari tindakan yang mereka lakukan. Setiap perilaku peserta didik akan diberikan konsekuensi atas tindakan yang mereka lakukan. Konsekuensi yang diberikan dapat berupa reward/hadiah atau punishment/hukuman yang setimpal dengan perilaku mereka. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi dan wawancara serta dokumentasi terhadap guru/pembina asrama, peserta didik dan orang tua peserta didik, yang dianalisis menggunakan metode reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan akhlak terpuji di SMP Islam Al-Irsyad dilakukan dengan beberapa metode yaitu metode pembentukan akhlak terpuji peserta didik yaitu: metode pengajaran tauhid, metode latihan dan pembiasaan, metode pengulangan, metode bimbingan, metode pengajaran adab dan pemberian materi akhlak, metode keteladanan dan metode reward dan punishment. Metode reward dan punishment di SMP Islam Al-Irsyad dilaksanakan dalam bentuk mines poin. Peserta didik yang memiliki akhlak yang baik dan tidak melanggar akan mendapatkan poin tambahan atau memiliki banyak poin sehingga peserta didik akan terhindar dari punishment dan bisa mendapatkan reward. Untuk peserta didik yang melakukan pelanggaran akan mendapat poin mines sehingga mendapatkan punishment. Pemberian sistem mines poin sebagai reward dan punishment memiliki kesesuaian dengan teori Thorndike, Clark Hull, Watson, Guthure dan Skinner. Adapun bentuk reward yang diberikan di SMP Islam Al-Irsyad bermacam-macam yaitu reward hadiah/barang, reward pujian, mendapat penghormatan, dan penghargaan. Adapun bentuk punishment yang diberikan di SMP Islam Al-Irsyad bermacam-macam yaitu punishment preventif, punishment represif, punishment asosiatif, dan punishment logis. Tujuan pemberian punishment di SMP Islam Al-Irsyad berbeda-beda sesuai dengan teori punishment yang ada yaitu teori perbaikan dan teori ganti rugi. Peserta didik memiliki banyak perubahan akhlak terpuji setelah mendapat reward dan punishment.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: : Reward dan Punishment, Akhlak Terpuji, Siswa/Peserta Didik
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: magang user
Date Deposited: 26 Jul 2024 06:01
Last Modified: 26 Jul 2024 06:01
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6324

Actions (login required)

View Item View Item