Aksan, Muhammad Iqbal (2023) Peranan pembelajaran IPS dalam mengembangkan karakter semangat kebangsaan atau nasionalisme dan cinta tanah air di SMP Negeri 12 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
17.1700.019.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui realitas karakter semangat kebangsaan atau nasionalisme dan cinta tanah air, dan peranan pembelajaran IPS dalam mengembangkan karakter semangat kebangsaan atau nasionalisme dan cinta tanah air. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi lapangan. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian adalah guru IPS, dan peserta didik. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan dan dipahami bahwa peranan pembelajaran IPS dalam mengembangkan karakter semangat kebangsaan atau nasionalisme dan cinta tanah air peserta didik di SMP Negeri 12 Parepare telah dilakukan dengan baik. Hal ini terbukti dalam RPP terdapat indikator semangat nasionalisme dan cinta tanah air di semester 1 dan 2 yang terdapat pada materi pelajaran IPS kelas VII. Dengan dilaksanakan melalui kegiatan di dalam pembelajaran dan di luar kegiatan pembelajaran. Dalam kegiatan pembelajaran guru mengintegrasikan materi pembelajaran dengan nilai karakter yang terdapat di dalamnya. Sedangkan, di luar proses pembelajaran dilakukan melalui kegiatan sekolah seperti upacara bendera, dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPS, Karakter semangat kebangsaan atau Nasionalisme, Karakter cinta tanah air
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 26 Jul 2024 02:46
Last Modified: 26 Jul 2024 02:46
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6311

Actions (login required)

View Item View Item